Kompas TV kuliner cerita rasa

Ada Rujak Dengan Bahan Ubur-Ubur Dan Sotong!

Rabu, 20 Mei 2020 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rujak memang cukup familiar di bidang masyarakat Indonesia hampir setiap daerah memiliki rujaknya masing-masing. Umumnya rujak berisikan aneka macam buah segar yang disiram dengan sambal khas daerah asalnya.

Pertama Benoe akan mencicipi rujak asal Bali. Rujak asal wilayah Bali punya karakter unik tidak hanya manis, asam dan pedas bumbu rujaknya juga dibubuhi cita rasa gurih laut.

Rujak jenis ini memasukkan kaldu ikan laut ke dalam bumbu jadi bumbunya berupa kuah bukan saus.

Ada juga versi lain dari rujak kuah pindang yang dikenal dengan nama rujak bulung. Bulung adalah sebutan masyarakat Bali untuk rumput laut dan banyak dibudidayakan di Pulau Serangan Bali.

Bumbu dasarnya sama dengan rujak kuah pindang tapi buahnya diganti dengan rumput laut dan ada tambahan parutan kelapa. Katanya rujak bulung ini punya cita rasa laut yang segar dan gurih, jadi Benoe datang langsung ke daerah Glogor Denpasar Bali untuk mencicipinya.

Namanya rujak Shanghai Encim di Jalan Pancoran Glodok Jakarta Barat. Rujak ini bukan dari Shanghai Tiongkok, nama rujak Shanghai diambil dari lokasi jualan bertempat di depan bioskop Shanghai di Jalan Pancoran sebelum tahun 1960.

Rujak shanghai ini terdiri dari juhi atau sotong dan ubur-ubur yang sudah direbus. Selanjutnya rebus kangkung kemudian susun kangkung rebusan bersama Juhi, ubur-ubur, acar timun, dan acar lobak di piring.

Tambahkan bawang putih halus, perasan jeruk nipis, sambal, saus tomat, kecap asin, dan terakhir saus rahasia merah kental taburkan kacang tumbuk sebelum dihidangkan saat mencoba!

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:49
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA