Kompas TV kuliner cerita rasa

Ada Rujak Dengan Bahan Ubur-Ubur Dan Sotong!

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 16:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rujak memang cukup familiar di bidang masyarakat Indonesia hampir setiap daerah memiliki rujaknya masing-masing. Umumnya rujak berisikan aneka macam buah segar yang disiram dengan sambal khas daerah asalnya.

Pertama Benoe akan mencicipi rujak asal Bali. Rujak asal wilayah Bali punya karakter unik tidak hanya manis, asam dan pedas bumbu rujaknya juga dibubuhi cita rasa gurih laut.

Rujak jenis ini memasukkan kaldu ikan laut ke dalam bumbu jadi bumbunya berupa kuah bukan saus.

Ada juga versi lain dari rujak kuah pindang yang dikenal dengan nama rujak bulung. Bulung adalah sebutan masyarakat Bali untuk rumput laut dan banyak dibudidayakan di Pulau Serangan Bali.

Bumbu dasarnya sama dengan rujak kuah pindang tapi buahnya diganti dengan rumput laut dan ada tambahan parutan kelapa. Katanya rujak bulung ini punya cita rasa laut yang segar dan gurih, jadi Benoe datang langsung ke daerah Glogor Denpasar Bali untuk mencicipinya.

Namanya rujak Shanghai Encim di Jalan Pancoran Glodok Jakarta Barat. Rujak ini bukan dari Shanghai Tiongkok, nama rujak Shanghai diambil dari lokasi jualan bertempat di depan bioskop Shanghai di Jalan Pancoran sebelum tahun 1960.

Rujak shanghai ini terdiri dari juhi atau sotong dan ubur-ubur yang sudah direbus. Selanjutnya rebus kangkung kemudian susun kangkung rebusan bersama Juhi, ubur-ubur, acar timun, dan acar lobak di piring.

Tambahkan bawang putih halus, perasan jeruk nipis, sambal, saus tomat, kecap asin, dan terakhir saus rahasia merah kental taburkan kacang tumbuk sebelum dihidangkan saat mencoba!



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.