Kompas TV regional berita daerah

Sosok Iptu Agus Mulyono, Anggota Polres Batu yang Mengajar Mengaji Lansia

Kompas.tv - 17 Mei 2020, 09:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG-KOMPAS.TV-Berbagi kebaikan bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dnegan membaca Kitab Suci Alquran. Seperti yang dilakukan oleh salah satu anggota Polres Batu. Di sela-sela kesibukan bertugas, anggota Polisi ini menyempatkan diri mengaja baca Alquran khusus untuk warga lanjut usia.

Dengan masih berseragam Polisi, Iptu Agus Mulyono ini dengan sabar memberikan bimbingan belajar membaca dan menulis Alquran. Buka pada anak anak maupun remaja, melainkan pada warga Kota Batu yang sudah lanjut usia. Setiap hari Iptu Agus mengajar secara bergantian di tiga tempat berbeda. Kali ini di Masjid Kalimosodo yang berada di Temas, Kota Batu yang menjadi tempat mengajarnya.

Iptu Agus mengaku kegiatannya menjadi guru mengaji bagi lansia ini Ia lakukan sejak dirinya bertugas di Polres Batu pada Bulan September 2019. Sebelumnya kegiatan serupa telah Ia lakukan sejak berdinas di Madiun. Polisi yang kini berdinas sebagai Kabag Humas Polres Batu ini mengaku awal dirinya mengajar mengaji karena melihat masih banyak lansia yang tidak bisa membaca Alquran. Dari situlah Ia mulai mengajak warga untuk belajar mengaji.

Dalam mengajar, Iptu Agus menggunakan metode Al Barqi. Dimana huruf hijaiyah digunakan dalam kata kata seperti percakapan sehari-hari. Dengan metode ini, para lansia mudah mengikuti dan menghafal. Bahkan salah satu warga yang sama sekali tidak bisa membaca Alquran, kini sudah bisa membaca dengan lancar.

#MengajarMengaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x