Kompas TV TALKSHOW rosi

Ini Kata Menkeu Soal Usulan Cetak Uang Triliunan Rupiah - ROSI

Kompas.tv - 15 Mei 2020, 14:20 WIB

Sejumlah pihak telah mengusulkan pada pemerintah dan Bank Indonesia (BI) untuk mencetak uang triliunan rupiah demi menyelamatkan ekonomi di tengah pandemi. Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan usulan yang diberikan untuk mencetak uang sepertinya bisa dianggap sebagai salah satu cara untuk menangani tingkat kelesuan ekonomi, yang disebabkan Covid-19. Tapi jumlah yang dikeluarkan tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk penanganan pandemi corona. Sehingga uang yang keluar tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

Menkeu juga menambahkan, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) sendiri sebenarnya telah melakukan hal serupa dengan pembelian surat berharga negara oleh BI. Sri Mulyani mengatakan Dengan membeli surat berharga, sama saja dengan melakukan pencetakan uang oleh negara.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah untuk mengeluarkan stimulus anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 1.600 triliun. Dana ini dapat dilakukan salah satunya dengan mencetak uang.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI) dalam Talkshow ROSI episode Menyelamatkan Ekonomi Dari Dampak Pandemi. Tayang 14 Mei 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv

juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#TalkshowRosi #RosiKompasTV #ROSI #KompasTV #SriMulyani #MenteriKeuangan #Ekonomi #Keuangan #Anggaran #Corona #Pandemi #Covid-19 #Negara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x