Kompas TV nasional berita kompas tv

Mabes Polri Gelar Rapid Test dan Tes Swab, Pati yang Hadiri Sertijab 8 Mei Negatif Covid-19

Kompas.tv - 15 Mei 2020, 00:09 WIB
mabes-polri-gelar-rapid-test-dan-tes-swab-pati-yang-hadiri-sertijab-8-mei-negatif-covid-19
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divhumas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan saat konferensi pers melalui media sosial di Bareskrim Mabes Polri, Selasa (12/5/2020). (Sumber: Divisi Humas Mabes Polri)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, pihak polri telah menggelar rapid test dan tes swab kepada perwira tinggi yang menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga: Awi Setiono Resmi Jabat Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Gantikan Argo Yuwono

Hal itu dilakukan sebagai respon dari informasi bahwa mantan Kapolda Bengkulu Irjen Supratman yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 sempat mengikuti upacara tersebut. 

Kombes Ahmad Ramadhan memastikan bahwa seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

“Pusdokkes Polri sudah mengambil langkah antara lain memeriksa perwira tinggi yang hadir pada acara tersebut dan hasil pemeriksaan semuanya negatif,” ujar Ramadhan melalui telekonferensi, Kamis (14/5/2020). 

Supratman dinyatakan positif Covid-19 sehari setelah mengikuti upacara sertijab yang dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis. 

Mabes Polri memastikan Supratman tidak tertular di lokasi sertijab tersebut. 

“Kesimpulan awal beliau terpapar bukan di ruang Rupatama Mabes Polri karena masa inkubasi Covid-19 adalah lebih dari satu minggu,” tuturnya. 

Ia pun menegaskan, Polri telah menerapkan protokol pencegahan penularan virus corona. 

Misalnya, dengan menerapkan physical distancing serta memakai masker. 

Sebelum upacara, para peserta juga telah dicek suhu tubuhnya serta mengikuti rapid test. 

Berdasarkan keterangan Polri, hasil rapid test para peserta sertijab sebelum upacara, termasuk Supratman, tidak reaktif.

Sebelum diinformasikan, Gubernur Bengkulu Rohidin Merdyah bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu menyampaikan terdapat empat anggota Polri dari 23 orang yang mengikuti tes swab Covid-19 dinyatakan positif virus corona. 

Baca Juga: Polisi Larang Takbiran Keliling Saat PSBB di Idul Fitri Tahun Ini

Satu diantara empat anggota polisi itu merupakan mantan Kapolda Bengkulu Irjen Supratman. 

Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Polri, Brigjen Argo Yuwono mengatakan, mabes polri telah mengambil langkah-langkah dalam rangka pencegahan pasca mantan Kapolda Bengkulu Irjen Supratman yang dinyatakan positif corona menghadiri sertijab di mabes polri dengan inspektur upacara Kapolri Jenderal Idham Azis. 

“Tentunya akan ada langkah-langkah yang diambil oleh Mabes Polri terkait hal ini. Kami punya Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusokkes), nanti langkahnya seperti apa, apakah dirapid test ulang atau di tes swab menunggu dari Pusdokes,” kata Argo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x