Kompas TV bisnis bumn

Setelah Bongkar Direksi PT KAI, Erick Thohir Kini Rombak Direksi PLN

Kompas.tv - 14 Mei 2020, 22:32 WIB
setelah-bongkar-direksi-pt-kai-erick-thohir-kini-rombak-direksi-pln
Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (13/12/2019) (Sumber: KOMPAS.COM/ MUTIA FAUZIA)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, merombak susunan direksi PT PLN (Persero). Demikian informasi tersebut dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

Dalam surat keputusan Menteri BUMN, Erick merombak posisi Syofvi Felienty Roekman dari jabatan Direktur Perencanaan Korporat PLN. Syofvi kini di tempatkan menjadi Direktur Human Capital dan Management PLN.

Lalu, memindahkan posisi Wiluyo Kusdwiharto dari Direktur Bisnis Regional Sumatera menjadi Direktur Bisnis Regional Sumatera, Kalimantan.

Baca Juga: Ignasius Jonan Sebut Langkah Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI Sudah Tepat

Kemudian, perombakan juga terjadi pada jabatan yan diampu Syamsul Huda. Syamsul yang sebelumnya menjabat Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan, kini dipindah menjadi Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

Selain itu, Erick Thohir juga mengangkat empat orang untuk masuk ke jajaran direksi PLN. Pertama, Erick mengangkat Muhammad Nur Iqbal sebagai Direktur Perencanaan Korporat PLN.

Kedua, mengangkat Bob Sahril menjadi direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan. Ketiga, mendapuk Rudy Hendra Prastowo untuk menduduki jabatan Direktur Energy Primer.

Keempat, mengangkat Ikhsan Asaad menjadi Direktur Mega Project PLN. Ikhsan sendiri sebelumnya menjabat General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya).

Baca Juga: Jajaran Direksi PT Asabri Dirombak, Evaluasi Manajemen?

“Benar ada penyegaran lagi di PLN, setelah kita menetapkan Dirut dan Wadirut (PLN) kemarin,” kata Arya dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/5/2020).

Arya menambahkan, perombakan ini dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi.

“Kami lihat evaluasi yang yang terjadi, juga masukan (dari) Pak Dirut (PLN), maka dilakukan ada perubahan di organsiasi, supaya lebih fokus, penyegaran orang-orangnya juga. Jadi begitu,” kata Arya.

Selain merombak jajaran direksi PLN, Erick Thohir juga sebelumnya merombak jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: SK-142/MBU/05/2020 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Lagi Direksi BUMN, Kali Ini Pelni!

Untuk posisi Direktur Utama PT KAI, Erick Thohir menunjuk Didiek Hartantyo menggantikan Edi Sukmoro. Didiek sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT KAI.

Selain itu, regenerasi juga dilakukan untuk posisi Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha, Direktur Niaga, dan Direktur SDM dan Umum.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha dijabat Jeffrie N. Korompis; Direktur Keuangan, Rivan A. Purwantoro; Direktur Niaga, Maqin U. Norhadi; dan Direktur SDM dan Umum, Agung Yunanto.

Perubahan jajaran direksi PT KAI teritung sejak Jumat, 8 Mei 2020. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x