Kompas TV regional berita daerah

Rapid Test Massal di Pasar Sentra Antasari, 46 Pedagang Hasilnya Reaktif

Kompas.tv - 14 Mei 2020, 16:56 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Usai dilakukan Rapid Diagnostic Test atau Tes Diagnosa Cepat, sebanyak 46 orang pedagang di Pasar Sentra Antasari dinyatakan reaktif dan diduga terjangkit covid-19.

Hal ini setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Banjarmasin melakukan tes cepat massal kepada sedikitnya 200 pedagang di pasar yang merupakan pasar sentral di Kota Banjarmasin ini, pada kamis pagi (14/5/2020).

Mulanya proses rapid tes sempat terkendala akibat sejumlah pedagang menolak untuk menjalani pemeriksaan di 4 posko rapid test yang disediakan.

Suasana sempat memanas saat banyaknya  pedagang yang enggan melakukan pemeriksaan. Petugas bahkan harus bernegosiasi alot dan akhirnya pedagang terpaksa dijemput petugas dari kepolisian, satpol pp dan TNI untuk diperiksa di posko.

Namun tidak semua pedagang menolak,  sejumlah pedagang  justru antusias untuk diperiksa. Alasannya sebagai langkah  pencegahan awal terserang virus ditengah aktifitasnya  selaku pedagang yang setiap hari bertemu dengan masyarakat banyak.

Dengan Hasil 46 Reaktif di pasar sentra Antasari, Tim Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin akan mengembangkan kasus ini untuk pendeteksian paparan covid-19 lebih luas di lingkungan pasar.

Sementara seluruh pedagang yang dinyatakan reaktif diwajibkan melakukan isolasi atau mengkarantina diri dan akan menjalani tes Swab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x