Kompas TV nasional kompas pagi

Corona Ganas Dengan Penyakit Ginjal dan Jantung, Penyebab Kematian Tertinggi Corona

Kompas.tv - 14 Mei 2020, 11:00 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyebut ada dua penyakit penyerta yang menjadi pemicu tingginya kasus meninggal karena corona di Indonesia. 

Kedua penyakit penyerta yang disebut Doni adalah ginjal dan jantung.

Dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo via telekonfrens pada Selasa kemarin, Doni Monardo mencata, ada 7 dari 10 orang penderita Covid-19 yang mempunyai penyakit ginjal meninggal dunia.

Kedua, Doni menyebut penyakit jantung. Doni mengatakan ada 5 dari 10 pasien corona yang meninggal karena riwayat penyakit penyerta jantung.

Doni meminta kepada masyarakat yang memiliki riwayat dua penyakit untuk melakukan isolasi mandiri secara ketat dan hati-hati.

Menanggapi pernyataan Doni Monardo, ikatan dokter Indonesia mengatakan, penyakit penyerta menjadi hal yang memperparah kondisi pasien virus corona. 

Idi menilai, virus corona akan lebih dulu menyerang organ tubuh yang sedang mengalami gangguan kesehatan, kemudian memicu pembekuan darah hingga berujung peradangan. 

Jika penyakit penyerta seperti ginjal dan jantung tidak mendapat penanganan serius, potensi kematian pasien bisa dibilang cukup tinggi.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x