Kompas TV kuliner cerita rasa

Cara Mudah Membuat Kue Pelite, Kesukaan Presiden RI Pertama Soekarno

Kompas.tv - 16 Mei 2020, 13:00 WIB
cara-mudah-membuat-kue-pelite-kesukaan-presiden-ri-pertama-soekarno
Kue Pelite (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satunya yang wajib kamu coba jika datang ke Bangka Belitung yaitu kue pelite. Kue ini tepatnya berasal dari Muntok, Bangka Barat. Kue pelite ini diolah dari tepung beras, santan dan gula putih ini. Adonan kemudian dikukus dengan wadah yang dibentuk dari daun pandan.

Kue yang disebut-sebut kesukaan Bung Karno. Kue pelite bertekstur lembut dan punya rasa manis. Bentuknya, pun tak besar dan sekilas mirip dengan kue-kue basah di provinsi lain seperti kue popaco dari gorontalo dan kue lampu-lampu dari Sulawesi Utara.

Nah ini ada resep cara untuk membuat sendiri kue pelite, silahkan dibaca.

Bahan-bahan :

- 200 ml santan kental instan

- 1 liter air

- 150 gr tepung beras

- 1 sdt garam

- secukupnya Gula pasir

- Daun pandan

Langkah :

1. Rebus tepung beras dan air setelah mendidih matikan api, lalu masukan santan kental dan garam aduk2 hingga merata dan tidak berbutir.

2. Masukan gula pasir ke dalam wadah mangkuk yang terbuat dari daun pandan, lalu tuang adonan putih diatas gula pasir. Mangkuk boleh diganti dengan wadah kue lumpang atau sejenisnya, tetapi kurang wangi.

3. Kukus adonan didalam dandang kurang lebih 10 menit. Kue penganan siap disajikan, tapi tunggu agak dingin baru dimakan biar gak kepanasan dilidah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.