Kompas TV internasional kompas dunia

Adu Mulut dengan Wartawan, Trump Akhiri Konferensi Pers

Kompas.tv - 12 Mei 2020, 12:14 WIB
Penulis : Laura Elvina

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Presiden Donald Trump secara tiba-tiba mengakhiri konferensi pers setelah adu mulut dengan seorang wartawan AS keturunan China, Weijia Jiang, di Gedung Putih, pada Senin (11/5/2020).

Adu mulut terjadi saat wartawan tersebut mengajukan pertanyaan mengenai mengapa Trump selalu mengklaim bahwa Amerika Serikat telah bertindak lebih baik dibandingkan negara lain dalam menghadapi wabah corona. Padahal menurut Jiang, setiap harinya, AS terus kehilangan nyawa warga negaranya karena virus corona.

"Mengapa itu penting? Mengapa ini menjadi kompetisi global ketika setiap hari orang Amerika masih kehilangan nyawa mereka?" tanya Jiang, seperti dilansir dari Associated Press.

"Mereka kehilangan nyawa mereka di mana-mana di dunia," jawab Trump.  

"Dan mungkin itu pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke China. Jangan tanya aku, tanyakan China pertanyaan itu, oke?" Trump menegaskan.

Jiang, yang mengaku sebagai 'keturunan China yang lahir di Virginia Barat' di bio Twitter-nya, tak terima dengan jawaban Trump tersebut. 

"Tuan, mengapa Anda mengatakan itu kepada saya secara khusus?" tanya Jiang. 

"Saya mengatakannya kepada siapa pun yang akan mengajukan pertanyaan buruk seperti itu," jawab Trump. 

Trump kemudian mengalihkan kesempatan bertanya kepada wartawan lain, ketika Jiang terus menekannya tentang tanggapannya. 

Namun ketika seorang jurnalis perempuan yang ia tunjuk mencoba mengajukan pertanyaan, Trump tiba-tiba mengakhiri konferensi pers dan berjalan kembali ke Gedung Putih.

Baca Juga: Makin Panas! Trump Tuntut China Ganti Rugi Karena Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.