Kompas TV regional berita daerah

Telaga Madirda Karanganyar Jadi Tempat Karantina, Ini Alasannya!

Sabtu, 9 Mei 2020 | 19:30 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Sudah beberapa bulan terakhir, obyek wisata Telaga Mardirda berubah fungsi.

Sejak ditutup dan dilarang dikunjungi wisatawan, Telaga Madirda dijadikan pemerintah Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso, sebagai lokasi karantina perantau yang nekat melanggar larangan mudik saat pandemi corona.

12 tenda disediakan sebagai tempat tidur pemudik yang dikarantina yang diharapkan tidak stres karena bisa menikmati pemandangan telaga dan sejuknya hawa Gunung Lawu.

Perantau yang melanggar larangan mudik selama dikarantina 14 hari dijamin kebutuhan pokoknya.

Makanan dikirim pemerintah desa atau dari warga sekitar telaga melalui para penjaga lokasi karantina yang bergantian siaga.

“Yang jelas kita memang antisipasi kalau mungkin nanti kita isolasi di rumah, saya sendiri belum begitu yakin karena masih tergabung dengan keluarga, tergabung dengan anak, dan sebagainya,” kata Suyatno, Kepala Desa Berjo.

Meski para pemudik yang dikarantina bisa dikunjungi keluarganya dan disediakan petugas medis yang siaga, pemerintah Desa Berjo tetap mengimbau warganya yang merantau tidak mudik selama pandemi corona.

Pemerintah berharap perantau yang tidak mudik bisa membantu pemutusan rantai sebaran virus corona yang hingga saat ini sudah menjangkiti dua warganya.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:08
KETUA MPR MINTA PEMDA DAN MASYARAKAT TETAP MENJAGA KUALITAS PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT   MENTAN IMBAU DISTRIBUTOR AWASI DAN PERMUDAH AKSES PETANI MENDAPATKAN PUPUK BERSUBSIDI   POLRES JAKARTA SELATAN AKAN BENTUK SATGAS KHUSUS TANGANI KASUS BEGAL SEPEDA   PEMPROV SULAWESI SELATAN BONGKAR STADION MATTOANGING UNTUK DIBANGUN ULANG AGAR MEMENUHI STANDAR FIFA   DIREKTUR UTAMA BIO FARMA SEBUT BELUM ADA INDIKASI YANG MENGHAMBAT UJI KLINIS VAKSIN   MENKEU: PEMERINTAH FOKUS 400 DESA DI DAERAH TERTINGGAL, TERLUAR, DAN TERDEPAN TERHUBUNG JARINGAN INTERNET PADA 2021   PMI FOKUS ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 DI PENGUNGSIAN BENCANA ALAM   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SIAPKAN NOTIFIKASI PENGATURAN IMPOR KE WTO   TAMBANG BATU BARA ILEGAL DI SUMATERA SELATAN AMBLES, BPBD: 11 ORANG MENINGGAL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA DAN PESAWAT TETAP HARUS LAMPIRKAN HASIL TES COVID-19   PRESIDEN BELUM TANDA TANGANI UU CIPTA KERJA, KEPALA KSP MOELDOKO: TINGGAL MENUNGGU WAKTU   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO LARANG MASYARAKAT KE TEMPAT WISATA YANG TAK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR: AJARAN RADIKALISME INTOLERANSI MASIF DISEBARKAN LEWAT MEDIA SOSIAL   KOMNAS HAM: 12 KASUS YANG DISERAHKAN KE PEMERINTAH MERUPAKAN PELANGGARAN HAM BERAT YANG TERJADI DI MASA LALU