Kompas TV video cerita indonesia

120 WNI ABK Kapal Pesiar Jerman Dipulangkan Karena Pandemi Corona

Kompas.tv - 9 Mei 2020, 11:38 WIB
Penulis : Abdur Rahim

BERLIN, KOMPASTV – Sebanyak 120 orang Warga Negara Indonesia yang merupakan Kru Kapal Pesiar Meinschef 4 dan 6 (MS 4 dan 6) milik Jerman, telah dipulangkan.

Mereka dijadwalkan tiba di Jakarta pada hari ini (9/5/2020) pukul 14.46 WIB. Sebelumnya mereka diberangkatkan dari Frankfurt, Jerman pada hari Jumat, 9 Mei 2020 pukul 15.20 waktu setempat dengan menggunakan pesawat Qatar Airways, QR-68.

Mereka kemudian transit di Doha, Hamad International Airport, Qatar dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan Pesawat Qatar Airways QR 956.

Baca Juga: Penyalur ABK WNI Korban Perbudakan Dilaporkan!

Adapun WNI yang dipulangkan adalah mereka yang sudah habis masa kontrak, atau yang kontraknya akan habis 60 hari ke depan.

Sebab, perusahaan sudah menghentikan operasionalnya semenjak bulan Maret lalu, akibat pandemi virus Covid-19 atau virus corona.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin di Jerman, juga turut memfasilitasi kepulangan WNI tersebut.

Duta Besar RI di Berlin, Arif Havas Oegroseno mengatakan, pihak KBRI telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan kapal pesiar di Jerman.

Menurutnya, perusahaan tempat WNI bekerja tersebut , bertanggung jawab atas biaya pemulangan WNI sesuai dengan regulasi yang ada.

“Mereka semua bertanggung jawab untuk memulangkan kru nya. Karena memang secara aturan mereka berkewajiban untuk itu. Bahkan sampai untuk pengaturan setelah tiba di Indonesia nanti, mereka yang tanggung. Cuma memang kebijakan internal perusahaan berbeda-beda. Jadi ada yang koordinasi lebih lancar dibandingkan dengan yang lain“ jelas Dubes Havas“.

Sebelum dipulangkan, para WNI ABK ini telah melalui serangkaian tes kesehatan sesuai dengan protokol Covid-19.

Dubes Havas juga menambahkan, dalam waktu dekat akan ada pemulangan sejumlah ABK WNI  dalam jumlah masif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x