Kompas TV religi beranda islami

Kurma - Akibat Tak Patuh Pada Orang Tua

Kompas.tv - 8 Mei 2020, 17:41 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A. mengisahkan kembali sebuah cerita pada zaman Rasulullah ada seorang pemuda bernama Alqamah. Ia adalah tipe anak yang selalu bersungguh-sungguh dalam semua amal ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Namun kemudian ia jatuh sakit dan semakin parah.

Istrinya datang menemui Rasulullah dan mengatakan, "suamiku Alqamah dalam keadaan sakaratul maut." Kemudian Rasul menyuruh Amar, Shuhaib dan Bilal, "Pergilah kalian menemuinya, tuntunlah ia mengucap syahadat."

Kemudian mereka pergi menemuinya. Saat berusaha menuntun Alqamah mengucap "Laa ilaaha illalaah". Lidah Alqamah kaku tidak dapat mengucapnya sedangkan kalimat yang selain itu ia bisa mengucapnya dengan lancar.

Mereka kembali menemui Rasul memberi tahu keadaannya, Rasul bertanya "Apakah ada dari salah satu kedua orang tuanya masih hidup?" salah satu dari mereka menjawab "Wahai rasul, ada ibunya yang sudah renta." kemudian Rasul mengirim utusan meminta ibunya datang "Pergilah kalian menemui ibunda Alqamah. Jika ia masih kuat untuk berjalan mintalah agar ia datang, tapi jika tidak biar aku saja yang datang ke rumahnya."

Akhirnya ibunda Alqamah datang menemui Rasul, namun seolah tak mau tahu hal yang dialami Alqamah.

Hal apa gerangan yang telah diperbuat Alqamah di masa lalu yang membuat dirinya tak dapat mengucap kalimat tauhid?

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x