Kompas TV nasional berita kompas tv

Kritik Operasi Transportasi Umum di Tengah Larangan Mudik, Ketua MPR: Tinjau Ulang!

Kompas.tv - 8 Mei 2020, 15:47 WIB
kritik-operasi-transportasi-umum-di-tengah-larangan-mudik-ketua-mpr-tinjau-ulang
Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2016). (Sumber: (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra))
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Kebijakan pemerintah memperbolehkan transportasi umum beroprasi kembali di tengah larangan mudik telah membinungkan masyarakat.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai kelongaran transportasi umum di tengah larangan mudik telah bertentangan dengan penanganan Covid-19.

Menurut Bamsoet, sapaan akrab Bambang, kebijakan memperbolehkan transportasi umum beroperasi justru memperpanjang masa pandemi Covid-19. Sebab, seharusnya pemerintah mempertimbangkan aspek kesehatan dari pada mengedepankan penyelamatan ekonomi. Terlebih kasus wabah virus corona belum sepenuhnya menurun.

Baca Juga: Penjelasan Pembatasan Perjalanan Selama Pandemi Corona, Mudik Tetap Dilarang

Jika ingin mengedepankan penyelamatan ekonomi, sambung Bamsoet, maka kebijakan yang diambil tidak jauh dari pengendalian Covid-19. Karena itu, Bamsoet meminta pemerintah konsisten dalam mengeluarkan kebijakan dan harus fokus pada pengendalian pandemi Covid-19.

“Kami mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan meninjau ulang kebijakan tersebut," ujar Bambang melalui keterangan tertulis, Jumat (8/5/2020).

Kementerian membuat aturan turunan terkait operasi transportasi umum di tengah larangan mudik yakni memberikan kelonggaran untuk moda transportasi kembali beroperasi.

Menteri Perbubugan Budi Karya Sumadi menjelaskan kebijakan pelonggaran agar perekonomian nasional tetap berjalan. Namun demikian, kebijakan ini bukan berarti mencabut larangan mudik buat masyarakat.

Baca Juga: Aturan Baru Larangan Mudik, Dilonggarkan Untuk Keperluan Khusus

"Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut, bus untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V secara virtual, Rabu (6/5/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.