Kompas TV regional berita daerah

Kronologi Penangkapan Ferdian Paleka, Persembunyiannya Terbongkar Saat Polisi Intai Ayahnya

Kompas.tv - 8 Mei 2020, 10:42 WIB
kronologi-penangkapan-ferdian-paleka-persembunyiannya-terbongkar-saat-polisi-intai-ayahnya
YouTuber Ferdian Paleka yang kini jadi buronan polisi terkait kasus prank sembako berisi batu dan taoge busuk. (Sumber: Dok. Instagram @ferdianpalekaa)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANTEN, KOMPAS TV - YouTuber Ferdian Paleka yang membuat konten video prank pemberian bingkisan sembako yang ternyata berisi sampah berhasil ditangkap kepolisian pada Jumat (8/5/2020) dini hari.

Penangkapan terhadap YouTuber asal Bandung, Jawa Barat, di KM 19 Tol Merak-Jakarta itu berawal dari polisi yang mengintai orang tua Ferdian Paleka berinisial H.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga, membenarkan hal tersebut. 

Dia menuturkan pihaknya berhasil menangkap Ferdian setelah melakukan pengintaian dan penyelidikan kepada ayahnya.

Baca Juga: Viral! Ferdian Paleka Ditangkap Bersama Paman dan Temannya

“Kita melakukan penyelidikan kepada orang tuanya, kita tahu dia akan menjemput Ferdian Paleka," kata Saptono seperti dikutip Kompas.com pada Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut, Saptono menjelaskan, dari hasil pengintaian, H diketahui akan menjemput Ferdian di Pelabuhan Merak, Banten. 

Ferdian diketahui sempat bersembunyi di daerah Palembang dan berencana pulang ke Bandung, Jawa Barat melalui pelabuhan Merak, Banten.

"Dijemput di Pelabuhan Merak. Kemudian dari pelabuhan kita ikuti (himgga ditangkap di KM 19 Tol Merak-Jakarta)," ucanya.

Saat dibekuk, Ferdian tidak melakukan perlawanan. Ferdian ditangkap bersama dengan rekannya yang sama-sama membuat rekaman video prank sembako berisi sampah sekaligus orang tuanya.

Baca Juga: YouTuber Ferdian Paleka Bisa Kena Penjara Maksimal 12 Tahun

"Pada saat dilakukan penangkapan dua orang DPO dia bersama-sama dengan ayahnya dan kakak ayahnya berinisial J yang sebelumnya telah melakukan penjemputan tersangka di Pelabuhan Merak," ujar Saptono.

Setelah ikut ditangkap, ayah dari Ferdian yang diketahui berinisial H juga akan ikut diperiksa. Saptono belum bisa memastikan apakah orang tua Ferdian akan ikut masuk bui atau tidak.

"Kita juga akan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada orangtuanya," kata Saptono.

Orang Tua Dicurigai Sembunyikan Ferdian Paleka

Sebelumnya, polisi sudah mencurigai orang tua Ferdian Paleka menyembunyikan anaknya saat menjadi buronan polisi.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri mengatakan, pelarian Ferdian sendiri diketahui warga yang melihat mobil pelaku berada di daerah Cileungsi, Bogor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x