Kompas TV regional berita daerah

Masjid Bergaya Arsitektur Turki dan Arab Saudi

Kompas.tv - 7 Mei 2020, 17:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah masjid di Kabupaten Jember Jawa Timur berdiri megah dengan arsitektur khas bergaya Turki dan Arab Saudi.

Masjid tersebut adalah Masjid Roudhotul Muchlisin, yang berdiri megah di Jalan Gajah Mada Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Seluruh bagian dinding dan pilar dibalut dengan ornamen ala Masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi. Salah satu ikon yang menarik adalah desain menara dan bangunan dinding, yang dipenuhi tulisan ayat suci Alqur'an. Terutama puncak menara dengan simbol bulan sabit.

Kemegahan bangunan masjid terlihat pada bagian dalam, dimana pilar berdiri kokoh dengan nuansa kaligrafi keemasan. Dinding bagian dalam masjid juga dihiasi tulisan Asma'ul Husna dan Surat Arrahman, yang dapat dibaca oleh para jemaah.

Baca Juga: Masjid Kapal Saksi Penyebaran Islam di Pesisir Utara

Menurut Pengurus Masjid Roudhotul Muchlisin, Ustadz Muhammad Samsul Arifin, masjid ini mampu menampung 2.500 jamaah.

Suasanya yang bersih dan penuh kaligrafi dapat membuat siapapun khusyuk beribadah dan merasa nyaman. Bahkan seorang jamaah, bernama Fandi Budi, mengaku seakan berada di Timur Tengah setiap kali datang ke Masjid ini.

Masjid ini awalnya masjid kecil, yang di awal pembangunannya, pada tahun 1978, sempat tersendat karena kekurangan dana.

Namun setelah dibangun kembali dan direnovasi pada tahun 2014, masjid swadaya masyarakat ini menjadi magnet jemaah sekaligus ikon wisata religi dan kebanggaan masyarakat Jember.

#ArsitekturMasjid #MasjidMegah #RoudhotulMuchlisin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x