Kompas TV internasional kompas dunia

Pertama Kali! Azan Berkumandang di London Saat Lockdown

Kompas.tv - 6 Mei 2020, 12:33 WIB
pertama-kali-azan-berkumandang-di-london-saat-lockdown
Masjid East London (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Dian Septina

Masjid di wilayah London Timur telah mengumandangkan azan untuk pertama kalinya sejak diberlakukannya lockdown selama Ramadan.

Panggilan untuk sholat pertama kali dikumandangkan, Selasa (5/5/2020). Mengumandangkan azan akan berlanjut saat matahari terbenam setiap hari, sepanjang bulan puasa Ramadan, dan untuk shalat Jumat.

Dewan Masjid Hutan Waltham meminta izin untuk menyiarkan panggilan sholat mengingat keadaan khusus. Abrahim mengatakan Ramadan ini adalah pengalaman yang sangat berbeda dari biasanya karena orang tidak bisa pergi ke masjid dan berdoa.

Baca Juga: Sejarah Mukena Di Tanah Air

"Karena masjid adalah titik fokus, terutama bulan ini tidak bisa melakukannya dan itu sangat menyedihkan. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin saya alami lagi, tetapi kita harus beradaptasi dan poin plusnya adalah kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga dan berdoa bersama sebagai keluarga, menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak," kata Abrahim, dilansir laman Metro.co.uk, Rabu (6/5/2020).

Hal tersebut sangat berarti bagi mereka (warga London) bahwa masjid masih ada dan tetap melayani tujuannya.

"Biasanya kita berbuka bersama dan berdoa bersama di masjid tetapi karena virus corona sekarang kita tidak bisa memasuki masjid. Semoga mereka yang dekat dengan masjid akan mendengar panggilan salat dan menemukan sedikit hiburan. Tolong semua orang tinggal di rumah dan tetap aman," kata Wakil sekretaris jenderal Asosiasi Islam Hutan Waltham Irfan Akhar.

Baca Juga: Ramadhan di London, Kajian Agama Dilakukan Daring

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x