Kompas TV nasional berita kompas tv

172 ABK Kapal MV Amsterdam Dievakuasi di Tengah Laut Teluk Jakarta

Kompas.tv - 6 Mei 2020, 11:41 WIB
172-abk-kapal-mv-amsterdam-dievakuasi-di-tengah-laut-teluk-jakarta
Ratusan Anak Buah Kapal WNI (ABK) MSC Bellissima dan MSC Lirica dari Dubai di pulangkan, pada Rabu 08/04/2020 (Sumber: KJRI Dubai)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebanyak 172 anak buah kapal atau ABK asal Indonesia yang berada di kapal MV Amsterdam dievakuasi pada hari ini, Rabu (6/6/2020). 

Proses evakuasi dilakukan di tengah laut Teluk Jakarta yang berjarak sejauh dua sampai tiga mil dari dermaga. 

Mereka yang dievakuasi akan menjalani test swab untuk memastikan terbebas dari virus corona atau Covid-19. Setelah itu, mereka akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Baca Juga: Negatif Corona, 44 WNI ABK Costa Atlantica Tiba di Indonesia dari Jepang

Seperti diketahui, sejak Rabu (6/6/2020) pagi, tim gabungan TNI-Polri bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Imigrasi dan Bea Cukai telah bersiaga menunggu kedatangan 172 ABK Kapal MV Amsterdam di Jakarta International Container Terminal, Jakarta Utara.

“Nantinya, setelah para ABK tersebut dievakuasi mereka akan menjalani test swab. Kemudian akan keluar dalam 3 hingga 4 hari ke depan,” kata Komandan Satuan Tugas Evakuasi Kapal MV Amsterdam, Brigjen TNI Marinir Hermanto di Jakarta pada Rabu (6/6/2020).

Hermanto menambahkan, sembari menunu asil test swab, para ABK Kapal MV Amsterdam akan dibawa menggunakan bus untuk menjalani isolasi mandiri selama dua pecan di Hotel Mercure Batavia, Jakarta.

Selain itu, kata Hermanto, petugas juga akan memeriksa barang bawaan para ABK untuk mencegah adanya senjata, baik senjata api, tajam, maupun obat-obatan ilegal.

Baca Juga: 12 Positif Corona, 211 ABK Kapal Pesiar Dievakuasi ke Wisma Atlet

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir ratusan anak buah kapal (ABK) dari beberapa kapal pesiar terus berdatangan ke Tanah Air. 

Pada Jumat 24 April 2020, sebanyak 8 ABK dinyatakan positif Covid-19. Kemudian menyusul 359 WNI yang merupakan ABK kapal pesiar MV Explorer Dream. Semuanya negatif, namun tetap harus melakukan isolasi di hotel.

Lalu pada Kamis 30 April 2020, sebanyak 375 ABK dari MV Carnival Splendor juga sudah dievakuasi. Selurh ABK dilaporkan negative Covid-19. (Fransisco)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x