Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati: Merubah Insecure jadi Bersyukur Bagian 3

Kompas.tv - 16 Mei 2020, 15:43 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pada dasarnya setiap orang mempunyai kekurangannya sendiri-sendiri. Permasalahannya adalah tidak semua orang dapat menerima kekurangannya, baik secara fisik ataupun non fisik.

Kita patut bersyukur atas kelengkapan panca indra, kesehatan, kepintaran, sudah seharusnya kita bersyukur dan memanfaatkan apa yang telah diberikan untuk kebaikan dan kemaslahatan diri sendiri, keluarga, ataupun masyarakat sekitar.

Allah SWT memberikan begitu banyak nikmat kepada seluruh hamba-Nya. Kewajiban seorang hamba kemudian adalah bersyukur. Seperti firman Allah QS Ibrahim:7 yang berbunyi 

 "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Dalam bahasa Arab, kata “syukur” berarti membuka dan menampakkan, dan lawan katanya adalah “kufur” yang bermakna menutup dan menyembunyikan. 

Ini artinya hakikat syukur adalah menampakkan nikmat dengan cara menggunakannya pada tempatnya dan sesuai dengan yang dikehendakinya oleh pemberinya, juga dengan cara menyebut-nyebut pemberinya dengan baik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x