Kompas TV video cerita indonesia

Hasil KTT Gerakan Non Blok: Pentingnya Solidaritas Lawan Corona

Kompas.tv - 5 Mei 2020, 12:20 WIB
Penulis : Theo Reza

BOGOR, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi hadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Gerakan Non-Blok secara Virtual.

Dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi sampaikan hasil dari KTT tersebut.

Baca Juga: Menlu Retno Dorong Vaksin Covid-19 Dalam Kerja Sama ASEAN dan Amerika

Retno sampaikan Sekjen PBB dalam tangani Covid-19 menekankan masalah solidaritas dan kerjasama tangani covid-19 dengan 3 prioritas.

Yang pertama adalah mengakhiri covid-19, menangani dampak sosial ekonomi, serta pada tahap recovery untuk tidak meninggalkan satu orang pun yang tertinggal.

Retno juga sampaikan pesan Dirjen WHO mengenai Multiratelisme, National Unity, Internasional solidarity dan Health for all.

Sehingga pentingnya solidaritas antar negara dalam melawan covid-19 dalam bentuk kerjasama yang kongkrit.

Baca Juga: 7 Poin Penting KTT ASEAN Khusus Covid-19 yang diikuti Presiden Jokowi

Dalam kesempatan itu Jokowi juga sampaikan 3 poin yaitu pentingnya penguatan solidaritas politik antar negara GNB dalam covid-19.

Poin kedua agar solidaritas politik diterjemahkan dalam kerjasama yang kongkri dengan akses yang adil dan tepat waktu terhadap vaksin ataupun obat dengan harga yang terjangkau.

Poin ketiga adalah pentingnya kemitraan global dari negara berkembang, seperti kewajiban utang untuk digunakan ke penanganan covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x