Kompas TV nasional berita kompas tv

Negatif Corona, 44 WNI ABK Costa Atlantica Tiba di Indonesia dari Jepang

Kompas.tv - 5 Mei 2020, 04:25 WIB
negatif-corona-44-wni-abk-costa-atlantica-tiba-di-indonesia-dari-jepang
Ilustrasi foto mikroskopik virus corona (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Sebanyak 44 WNI yang merupakan anak buah kapal (ABK) Costa Atlantica tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka diterbangkan dari Jepang dengan penerbangan charter pukul 06.44 WIB.

Pihak KBRI Tokyo mengungkapkan bahwa ke-44 WNI itu didampingi tiga staf. Mereka masing-masing, 1 dokter, 1 perawat, dan 1 koordinator perjalanan.

Semuanya telah menjalani pemeriksaan virus corona (Covid-19) dan hasilnya negatif.

"Rapid test menentukan bahwa hasilnya adalah negatif Covid-19 untuk seluruh 47 orang tersebut," tulis pihak KBRI Tokyo dalam keterangannya.

Baca Juga: Lembaga Eijkman Mulai Buat Vaksin Corona Khusus Penduduk Indonesia

Para WNI tersebut telah meninggalkan kapal dari Nagasaki sejak 3 Mei 2020. Sepanjang perjalanan dipantau oleh KBRI Tokyo.

Perusahaan menanggung seluruh biaya pemulangan, serta melengkapi 44 WNI tersebut dengan kelengkapan dokumen kesehatan sebagaimana yang disyaratkan oleh pemerintah Indonesia terhadap penumpang yang masuk dari luar negeri.

Disebutkan, jumlah total WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal Costa Atlantica ada 84 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 23 orang dinyatakan positif Covid-19. Rinciannya 1 orang perlu dirawat di rumah sakit di Nagasaki, sedangkan sisanya, 22 orang dikarantina di atas kapal.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Bertahan di Paket Belanja Online? Ini Penjelasan WHO

Selain itu, terdapat 17 WNI lainnya yang dinyatakan negatif. Namun mereka memilih tetap bekerja di atas kapal sebagai awak inti.

Pihak KBRI Tokyo terus berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Jepang, juga akan memberikan dukungan moril kepada ABK di Jepang serta memantau WNI yang dirawat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x