Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati: Merubah Insecure jadi Bersyukur Bagian 1

Kamis, 14 Mei 2020 | 15:04 WIB

KOMPASTV - Saat ini kata insecure sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Insecure ini secara harfiah ialah merasa tidak aman, tidak nyaman. Indikasi dari sikap ini kurang lebih seperti merasa malu, minder, merasa kurang, gampang tersinggung dll. 

Pada dasarnya setiap orang mempunyai kekurangannya sendiri-sendiri. Permasalahannya adalah tidak semua orang dapat menerima kekurangannya, baik secara fisik ataupun non fisik.

Dalam islam diajarkan untuk bersyukur atas segala hal yang telah diberikan oleh Allah. Sesungguhnya Allah telah memberikan yang terbaik bagimu. Seperti tercantum di Surat Al-Baqoroh:216

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Kita patut bersyukur atas kelengkapan panca indra, kesehatan, kepintaran, sudah seharusnya kita bersyukur dan memanfaatkan apa yang telah diberikan untuk kebaikan dan kemaslahatan diri sendiri, keluarga, ataupun masyarakat sekitar.

Jangan berkecil hati (insecure) dengan apa yang menimpa, tidak ada dalam diri.
Karena apa yang kita miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Ibrahim ayat 7 berikut ini:

Artinya: Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, "Sesungguh­nya jika kalian bersyukur (atas nikmat-Ku), pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih."

Penulis : Anas Surya




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:43
MENLU RI: PERPANJANGAN PERJANJIAN INVESTASI BILATERAL INDONESIA & SINGAPURA DORONG PEMULIHAN EKONOMI KEDUA NEGARA    PEMERINTAH INDONESIA & SINGAPURA MEMULAI KERJA SAMA DI BIDANG PENINGKATAN SERTA PERLINDUNGAN INVESTASI    DISHUB: PENGENDARA SEPEDA MOTOR YANG LEWATI JALUR SEPEDA DI JAKARTA BAKAL DIDENDA HINGGA RP 500.000    KADISHUB DKI: PEMBERLAKUKAN LEZ ATAU ZONA RENDAH EMISI BERDAMPAK PADA PERBAIKAN KUALITAS UDARA DI KOTA TUA    KADISHUB DKI SYAFRIN LIPUTO AKAN TERAPKAN DENDA BAGI PENEROBOS JALUR SEPEDA PERMANEN    KADISHUB DKI SYAFRIN LIPUTO TARGETKAN PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JAKARTA RAMPUNG PADA MARET 2021   PEMKOT JAKSEL BUKA LAYANAN GRATIS PERBAIKAN ATAU RESTORASI ARSIP YANG TERKENA DAMPAK BANJIR    PEMERINTAH DAN DPR SEPAKAT CABUT RUU PEMILU DARI DAFTAR PROLEGNAS PRIORITAS 2021    SATGAS COVID-19 MINTA PENYELENGGARA ACARA OLAHRAGA, MUSIK, DAN PAMERAN MELAKUKAN PERSIAPAN DENGAN MATANG    KEMENPAREKRAF SEBUT ACARA OLAHRAGA, MUSIK, DAN PAMERAN BISA DIGELAR KEMBALI    MENAKER MINTA PEKERJA/BURUH TUNDA KE LUAR KOTA PADA LIBUR ISRA MIRAJ & NYEPI UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19    SEBANYAK 500.000 DOSIS VAKSIN COVID-19 SINOPHARM AKAN TIBA DI INDONESIA AKHIR MARET ATAU APRIL 2021    DINKES SEBUT 20.715 WARGA LANSIA DI JAKARTA BARAT TELAH TERIMA VAKSIN COVID-19    PEMPROV BANTEN AKAN VAKSINASI COVID-19 WARGA LANSIA DI WILAYAH TANGERANG SELATAN PADA 13-14 MARET 2021