Kompas TV nasional berita kompas tv

Percepat Penanganan Covid-19, Menhan Prabowo Bentuk Komponen Pertahanan Negara Bidang Kesehatan

Kompas.tv - 4 Mei 2020, 17:17 WIB
percepat-penanganan-covid-19-menhan-prabowo-bentuk-komponen-pertahanan-negara-bidang-kesehatan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Komponen pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk percepatan dan penanganan Covid-19. (Sumber: Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk sekaligus melepas 293 relawan yang tergabung dalam Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan.

Baca Juga: Menhan Prabowo: Penanganan Virus Corona Layaknya Perang

"Relawan komduk akan ditugaskan di RS Dr Suyoto Pusrehab, Kementerian Pertahanan," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

Dahnil menjelaskan, kehadiran relawan tersebut merupakan salah satu dukungan Kementerian Pertahanan (Kemhan) terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

Dahnil mengklaim animo dan antusiasme masyarakat untuk menjadi relawan komduk tersebut sangat tinggi. 

Hingga penutupan pendaftaran pada 19 April 2020, sebanyak 1.768 orang mendaftar lewat online dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp. 

"Namun hanya 293 calon relawan yang terpilih," katanya. 

Dahnil melanjutkan, para relawan tersebut telah menjalani serangkaian test kesehatan yang meliputi Covid-19 rapid test, medical check-up, dan kredensialing oleh Komite Medik terkait. 

Adapun bidang keahlian para relawan tersebut terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, dan apoteker.

Baca Juga: [FULL] Prabowo Tentang Corona: Ini Ancaman Untuk Umat Manusia

Menurut Dahnil, Prabowo mengucapkan terima kasih atas kesukarelawanan dan semangat bela negara yang ditunjukkan para anggota komduk tersebut.

"Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan kerelaan para anak bangsa itu," katanya.

Para relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini juga mendapat bimbingan teknis dan materi bela negara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x