Kompas TV religi beranda islami

Tradisi Ramadhan : Sejarah Blangiran, Mandi Bersih Jelang Ramadhan asal Lampung

Kompas.tv - 12 Mei 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Lampung, tapis berseri ini merupakan pintu gerbang selatan pulau Sumatera. Geografis yang berbukit dan sajian panorama yang indah menjadikan Lampung sebagai kota yang sedap dipandang mata.

Indonesia mempunya budaya yang sangat melimpah, termasuk budaya mandi atau bersih-bersih sebelum Ramadhan. Di jawa disebut dengan padusan, sedangkan di Sumatera Barat mengenalnya dengan Balimau. Nah, kalau di Lampung disebut dengan Belangiran.

Belangiran atau lazim dikenal dengan Keramasan adalah sebuah ritual mandi yang sarat makna keberadaannya. Saat ini sudah nyaris dilupakan oleh sebagian besar masyarakat tetapi masih dilakukan di Desa Negeri Olok Gading.

Desa Negeri Olok Gading terletak di Kecamatan Teluk Betung Barat. Desa ini adalah salah satu desa adat yang masih memegang teguh tradisi leluhur mereka dikenal sebagai salah satu desa tertua.

"Belangir itu asal katanya langir. Langir itu membersihkan, menyucikan. Bahasa Lampungnya Langer, kemudian di luruskan menjadi Belangir. Jadi Belangir itu belajar membersihkan diri dari segala penyakit maupun apa namanya dosa, noda dan sebagainya" Kata Nasrun Rakai, Anggota Majlis Penyeimbang Adat Lampung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x