Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pandemi Corona, Hypermart Buka Jasa Belanja Online Via Web dan WA

Sabtu, 2 Mei 2020 | 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi ikut memengaruhi perilaku belanja masyarakat dalam memenuhi kehidupan sehari-hari.

Seiring adanya kebijakan physical distancing sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19, masyarakat diberi kemudahan dalam berbelanja karena sejumlah gerai ritel telah menerapkan layanan sistem belanja pesan antar.

Sejak awal April 2020, sejumlah gerai ritel telah menerapkan layanan sistem belanja pesan antar.

Ritel dituntut untuk beradaptasi di tengah pendemi, selain untuk membuat bisnis bertahan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tak bisa ditunda, terutama soal urusan perut.

Salah satu ritel yang sudah menjalankan sistem belanja pesan antar adalah Hypermart yang berada di kawasan Jakarta Barat.

Dari rumah, konsumen bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi Hypermart online melalui website shop.hypermart.co.id atau lewat pesan Whatsapp yang kontaknya tertera di media sosial Hypermart.

Setelah menerima daftar belanja konsumen, petugas akan menyiapkan seluruh pesanan.

Kemudian, kurir akan mengantarkan belanjaan anda langsung ke rumah.

Konsumen akan dikenakan jasa kurir untuk layanan ini.

15 ribu rupiah untuk jarak rumah tak lebih dari 5 kilometer dari Hypermart.

Kalau lebih dari 5 kilometer maka biayanya menjadi 25 ribu rupiah atau konsumen bisa saja menjemput sendiri belanjaannya dengan sistem drive-thru.

Sebelum gerai ritel, pasar tradisional sudah lebih dulu menerapkan sistem belanja pesan antar.

Tujuannya sama, semata-mata bertahan sekaligus memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Apalagi kebijakan pembatasan sosial berskala besar membuat operasional pasar tradisional jadi terbatas.

Namun untuk pasar tradisional, konsumen tetap lebih memilih berbelanja langsung ke pasar dibanding melakukan pemesanan online.

Pedagangpun sebenarnya cenderung lebih mudah berhadapan langsung dengan konsumen dibanding harus berurusan dengan teknologi yang terbilang baru bagi mereka.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:39
STAF KHUSUS KETUA DEWAN PENGARAH BPIP ROMO BENNY SUSETYO MINTA MASYARAKAT LAPOR JIKA TEMUKAN GERAKAN KOMUNISME    PEMKOT DENPASAR, BALI, KESULITAN CARI HOTEL TEMPAT KARANTINA PASIEN COVID-19   SATPOL PP BANDUNG, JAWA BARAT, KUMPULKAN DENDA RP 47 JUTA DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    WAKIL BUPATI KUBU RAYA, KALBAR, SUJIWO, UMUMKAN DIRINYA TERINFEKSI COVID-19   SOAL IZIN UMRAH, KEMENAG SEBUT PIHAKNYA MASIH MENUNGGU DAN BERKOORDINASI DENGAN PIHAK PERWAKILAN DI KJRI JEDDAH    DITJEN KEMENAG: BELUM ADA KEPASTIAN TERKAIT IZIN KEBERANGKATAN JEMAAH UMRAH INDONESIA   WAGUB DKI SEBUT MOBILITAS WARGA TURUN SELAMA PENERAPAN PSBB   WAGUB DKI SEBUT RUMAH PASIEN COVID-19 YANG JALANI ISOLASI MANDIRI HARUS DIBERI TANDA AGAR PETUGAS DAN MASYARAKAT TAHU   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM MENILAI PEMBERIAN SANKSI SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN TIDAK EFEKTIF   PEMKAB TASIKMALAYA, JAWA BARAT, UNGKAP 86 ORANG TERKONFIRMASI COVID-19 DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN   BUPATI CIREBON IMRON ROSYADI TERBITKAN SURAT EDARAN PENIADAAN TRADISI MAULUDAN AKIBAT PANDEMI COVID-19   KOORDINATOR OPERASIONAL RSD WISMA ATLET: PERSENTASE KESEMBUHAN PASIEN COVID-19 MENINGKAT DARI 71 MENJADI 75 PERSEN   PEMKOT SERANG, BANTEN, SIAPKAN 5 RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 SETELAH KASUS POSITIF KORONA MENINGKAT   LIPI: PILKADA SAAT PANDEMI BUKANLAH SIKAP BIJAK DARI PEMERINTAHAN DEMOKRATIS YANG TERBENTUK ATAS KEHENDAK RAKYAT