Kompas TV internasional kompas dunia

Senyum Semringah Kim Jong Un Saat Menghadiri Acara Gunting Pita Pembukaan Pabrik Pupuk

Kompas.tv - 2 Mei 2020, 14:56 WIB
senyum-semringah-kim-jong-un-saat-menghadiri-acara-gunting-pita-pembukaan-pabrik-pupuk
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri acara pembukaan pabrik pupuk, di sebuah wilayah di utara Ibu Kota, Pyongyang. Kantor Berita Korea Utara (KNCA) merilis foto tersebut. (Sumber: KCNA via Reuters )
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPASTV – Kabar meninggalnya Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mulai di tepis. Media setempat melaporkan bahwa Kim Jong Un hadir dalam acara gunting pita pembukaan pabrik pupuk di wilayah utara Ibu Kota Pyongyang, Jumat (2/5/2020).

Rodong Sinmun, media setempat membagikan foto-foto acara yang dihadiri Kim Jong Un. Kim dan beberpa pejabat napak senyum dan  

Dikutip dari Reuters, kantor berita Korut (KNCA) memberitakan selain Kim, acara pembukaan tersebut dihadiri beberapa pejabat senior Korut termasuk adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong.

Baca Juga: Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Kirim Surat ke Presiden Afsel Cyril Ramaphosa

Dijelaskan saat Kim menggunting pita tamu undangan dan masyarakat bergembira dan menerikakan Hore, untuk Kim Jong Un.

Kim Jong Un bersama adiknya yang juga penasehat Kim dan beberapa pejabat lain sempat memeriksa fasilitas dan memberikan pengarahan.

Kim berkata, dirinya puas dengan sistem produksi pabrik tersebut dan memuji pabrik itu karena telah berkontribusi pada perkembangan industri kimia dan produksi makanan di Korut.

Sebelumnya pemberitaan internasional terhadap kondisi Kim beragam. Mulai dari kondisi kesehatan Kim yang menurun setelah operasi jantung, ada juga yang menjelaskan Kim semenentara diasingkan lantaran pengawalnya dinyatakan terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Trump Bicara Soal Isu Kim Jong Un Meninggal, Apa Katanya?

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua kanan) menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). (Sumber: (AFP/KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY VIA KNS))

Meski demikian, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tidak terlalu banyak mengomentari kabar Kim Jong Un. Trump mengatakan tahu keadaan Kim, dan berharap bahwa Kim baik-baik.

Trump juga mengatakan dalam waktu dekat pemerintah Korut akan memberitakan kabar sebenarnya dari Kim.

Di sisi lain, Pemerintah Korea Selatan juga menyatakan tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan dari Korea Utara terkait kabar meninggalnya Kim Jong Un.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.