Kompas TV video cerita indonesia

3 Pesan Menyentuh Nadiem Makarim di Hardiknas 2020

Kompas.tv - 2 Mei 2020, 11:15 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020 tahun ini dilakukan di tengah wabah Covid-19. 

Secara khusus, Kemendikbud juga mengangkat "Belajar dari Covid-19" sebagai tema Hardiknas 2020. 

Kemendikbud menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hardiknas secara virtual guna mematuhi protokol kesehatan (2/5/2020). 

Dalam pesannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh insan pendidikan di tanah air mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis Covid-19. 

“Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani dan belajar dari Covid-19,” pesan Mendikbud Nadiem. 

"Dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya. Mendikbud menyampaikan melalui situasi saat ini, untuk pertama kalinya guru-guru melakukan pembelajaran melalui daring menggunakan perangkat baru dan menyadari sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun. 

"Begitu juga dengan orangtua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulit tugas guru mengajar anak secara efektif dan menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada. Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja," tegas Nadiem. 

Dari pesan yang disampaik tentu perlu digaris bawahi ada 3 pesan dalam menjalankan pendidikan yang efektif. Dimana membutuhkan kolaborasi efektif dari tiga hal yakni guru, siswa, dan orang tua. 

"Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” pungkas Mendikbud Nadiem.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x