Kompas TV bisnis kompas bisnis

Gara-Gara Corona: Banting Setir Usaha Warung ke Bisnis Rumahan

Sabtu, 2 Mei 2020 | 10:29 WIB

KOMPAS.TV - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang kian menekan biaya dapur sehari-hari justru melahirkan beragam inovasi bisnis di tengah masyarakat.

Banting setir ke bisnis rumahan mulai ramai dilakukan dan masih punya peluang besar.

Seperti bisnis bumbu dapur atau makanan. Bumbu rawon, nasi goreng, soto tak lagi ribet dicari bumbu dan meraciknya. Semua sudah tersaji instan dalam botol kemasan.

Bisnis bumbu ini, bukan usaha lama. Melainkan bisnis yang baru berumur satu minggu.

Pemilik merek Cak Blangkon ini terpaksa banting setir sebab usaha kuliner warungan yang dirintis selama tiga tahun tiba-tiba tutup total karena wabah virus corona.

Dengan modal awal Rp 3.7 juta, pemilik bumbu dapur Cak Blangkon memberdayakan karyawan lama sekaligus tetangganya yang juga sudah kehilangan pekerjaan.

Hasilnya, 350 botol bumbu siap pakai bisa dijual.

Kreativitas lainnya di tengah wabah corona juga dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luang dengan membuat kue kering khas Betawi di rumahnya di Kabupaten Bekasi.

Dalam satu hari, dengan modal paling banyak Rp 300 ribu, ia mampu membuat 10 liter adonan kue yang siap menjadi makanan atau kue kering.

Editor : Christandi Dimas



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:59
MAIN BOARD GAME BARENG KELUARGA, DISKON 30% ALL PRODUCTS DI GERAI.KOMPAS.ID AKSES KLIK.KOMPAS.ID/MAINDIRUMAH    WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.512 ORANG: 1.093 SEMBUH, 120 MENINGGAL DUNIA, 299 DALAM PERAWATAN   HINGGA 26 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI SULAWESI SELATAN: 15.175 POSITIF, 11.111 SEMBUH, 410 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 26 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA BARAT: 20.517 POSITIF, 12.644 SEMBUH, 386 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 26 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA TENGAH: 21.368 POSITIF, 15.255 SEMBUH, 1.386 MENINGGAL DUNIA   SEBELAS PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SEPAKAT PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO SEGERA BAHAS SKEMA BERBAGI BEBAN (BURDEN SHARING) DENGAN MENKEU DALAM WAKTU DEKAT   CEGAH PENULARAN KORONA, KORLANTAS POLRI GELAR TES CEPAT BAGI SOPIR DAN KONDEKTUR BUS DI JAKARTA   PRESIDEN JOKOWI AJAK UMAT ISLAM UNTUK PERBANYAK INFAK DAN SEDEKAH DI MASA PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI: BUTUH KERJA SAMA SELURUH MASYARAKAT UNTUK BISA MEMUTUS RANTAI PENULARAN KORONA   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK BISA BEKERJA SENDIRIAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI KORONA   KPK AKAN MENGEVALUASI SISTEM KEPEGAWAIANNYA PASCAMUNDUR SEJUMLAH PEGAWAI KPK   KPK MENCATAT TOTAL 157 PEGAWAINYA TELAH MENGUNDURKAN DIRI SELAMA PERIODE 2016-SEPTEMBER 2020   KPK MENDUGA KEBUN SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, MILIK NURHADI MERUPAKAN BUAH HASIL TINDAK PIDANA SUAP DAN GRATIFIKASI