Kompas TV nasional berita kompas tv

May Day, Buruh Desak Pemerintah Batalkan RUU Cipta Kerja

Jumat, 1 Mei 2020 | 20:55 WIB
may-day-buruh-desak-pemerintah-batalkan-ruu-cipta-kerja
Massa buruh menggelar aksi demontrasi di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020). (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI)

JAKARTA, KOMPASTV – Memperingati Hari Buruh Internasional, sejumlah serikat buruh menyatakan tuntutannya yakni mendesak pemerintah untuk membatalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja.

Presiden Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih menilai aturan omnibus law RUU Cipta Kerja merugikan hak-hak buruh.

Terlebih beberapa hari belakangan, pemerintah meminta DPR untuk menunda pembahasan kluster ketenagakerjaan di RUU Cipta Kerja. Penundaan itu untuk meminta masukan dari publik.

Baca Juga: May Day, Dari Gerakan Baksos Hingga Kemenaker Gelar Rapid Test Untuk Buruh

Menurut Jumisih, dengan adanya penundaan itu, membuktikan adanya kecacatan dalam RUU Cipta Kerja. Sebab, hak-hak buruh perempuan seperti cuti haid, cuti hamil melahirkan atau gugur kandungan akan sangat mungkin hilang karena tidak ada perlindungannya dalam RUU tersebut.

"Kami dari FBLP menuntut kepada pemerintah untuk membatalkan pembahasan omibus law cipta kerja, bukan penundaan klaster ketenagakerjaan," kata Jumisih dalam keterangan tertulis, Jumat (1/5/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Senada dengan Jumisih, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Mirah Sumirat menyesalkan sikap pemerintah yang masih ngotot membahas RUU Cipta Kerja.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:04
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI YANG ADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA