Kompas TV religi beranda islami

Tradisi Ramadan : Islam di Ujung Sulawesi

Kompas.tv - 9 Mei 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Melonguane merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Terletak di selatan Pulau Karakelong, di ujung utara Pulau Sulawesi. Dulunya Kepulauan Talaud merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Sangir Talaud, namun pada tahun 2000 Kepulauan Talaud dimekarkan dan menjadi kabupaten mandiri.

Infrastruktur dikota ini pun terbilang bagus. Pembangunan bandar udara di pusat kota Talaud Melonguane memudahkan masyarakat datang dan pergi dari dan ke luar kota Melonguane.

Mayoritas warga Talaud memeluk agama Kristen, kendati begitu itu toleransi beragama berjalan dengan baik. Semula masyarakat kepulauan Talaud memeluk agama Kristen. Namun seiring datangnya para pendatang muslim dari Sangihe, Islam pun berangsur masuk ke wilayah kepulauan Talaud.

Di Karakelong terdapat sebuah desa mayoritas beragama Islam. Dari 107 kepala keluarga 103 diantaranya adalah kaum muslim sementara sisanya umat Kristiani. Secara administratif desa ini termasuk dalam wilayah Desa Makatara Kecamatan Beo Utara. Desa ini bernama Desa Bawunian.

Perjalanan sejauh 48 km dari Melonguane ke Desa Bawunian dapat ditempuh dalam waktu 1.5 jam menggunakan mobil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x