Kompas TV religi beranda islami

Ketua PP Muhammadiyah: Hadapi Pandemi Covid-19 dengan Keseimbangan Takdir dan Ikhtiar

Kamis, 30 April 2020 | 23:57 WIB
ketua-pp-muhammadiyah-hadapi-pandemi-covid-19-dengan-keseimbangan-takdir-dan-ikhtiar
Pengajian #RamadhanDiRumah bersama Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Syafiq A. Mughni yang digelar secara virtual (online), Rabu (29/4/2020). (Sumber: MCCC PP Muhammadiyah)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Masa pandemi Covid-19 harus dihadapi dengan keseimbangan antara takdir dan ikhtiar.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Syafiq A. Mughni dalam pengajian rutin #RamadhanDiRumah dengan tajuk “Takdir dan Ikhtiar dalam Pandemi Covid-19”, yang digelar secara virtual (online), Rabu (29/04).

Baca Juga: Sambut Ramadhan 1441 H, Muhammadiyah Luncurkan Program #RamadhandiRumah

Keseimbangan antara takdir dan ikhtiar dalam menghadapi masa pandemi itu, menurut Syafiq A. Mughni, diperumpamakan dengan peristiwa 1000 tahun lalu, yakni saat perdebatan dalam teologi Islam antara golongan Jabariyah dan golongan Qodariyah.

Pada golongan Jabariyah sangat mempercayai akan takdir Allah SWT, sehingga manusia hanya bisa menjalaninya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan-Nya.

Sedangkan pada golongan Qodariyah menekankan tindakan usaha yang dapat ditentukan dan dipilih oleh manusia berdasarkan kemampuannya menghadapi situasi tersebut.

“Apabila pemikiran kedua golongan itu terus digunakan, maka umat manusia akan selalu terjebak dalam kontroversi yang berjalan dan tak berujung,” ujar Syafiq, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Kompas.tv Kamis (30/4/2020).

Editor : Deni Muliya

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:50
PANDEMI COVID-19, FILIPINA BERLAKUKAN KARANTINA DI MANILA SELAMA DUA PEKAN   KEMENPAN RB SEBUT GAJI KE-13 MASIH MENUNGGU PERSETUJUAN PRESIDEN JOKOWI   ENAM TAHANAN KEJAKSAAN NEGERI JOMBANG, JAWA TIMUR, POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   HARI PERTAMA PEMBERLAKUAN GANJIL-GENAP, KADISHUB MENGATAKAN TIDAK ADA LONJAKAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO BANTAH USULKAN WARGA SIPIL BOLEH MEMILIKI SENJATA API   RUSIA MENYATAKAN AKAN MEMULAI PRODUKSI VAKSIN-19 PADA NOVEMBER 2020   PRESIDEN JOKOWI INGIN PANDEMI COVID-19 MENJADI MOMENTUM PERCEPATAN TRANSFORMASI DIGITAL   MALAYSIA TIDAK WAJIBKAN PENGGUNA KENDARAAN PRIBADI BERMASKER   KABID HUMAS POLDA SUMSEL: LEDAKAN DI MAKO BRIMOB BERASAL DARI PETASAN SISA DARI ACARA PEMBUKAAN ASIAN GAMES 2018   MANTAN ANGGOTA BAWASLU AGUSTIANI TIO FRIDELINA DITUNTUT 4 TAHUN 6 BULAN PENJARA TERKAIT KASUS HARUN MASIKU   MENGAKU PAKAR MIKROBIOLOGI, HADI PRANOTO: SAYA BUKAN DOKTER, SAYA BUKAN ANGGOTA IDI   TIONGKOK KIRIM TENAGA KESEHATAN UNTUK BANTU HONG KONG YANG MENGHADAPI GELOMBANG KETIGA COVID-19   VIETNAM MENCATAT 6 KEMATIAN AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA    PEMKOT TANGERANG BATASI PESERTA UPACARA 17 AGUSTUS HANYA UNTUK 50 ORANG