Kompas TV regional berita daerah

Masjid Kapal Saksi Penyebaran Islam di Pesisir Utara

Kompas.tv - 30 April 2020, 18:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

GRESIK, KOMPAS.TV - Sebuah masjid di Kabupaten Gresik Jawa Timur memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai kapal laut. Masjid kapal dibangun untuk mengenang perjuangan KH. Abdul Hamid Al Faqih dalam menyebarkan Agama Islam di Pesisir Utara.

Masjid Jamik Kyai Haji Abdul Hamid Al Faqih berada di bibir pantai utara Gresik, tepatnya di Desa Banyu Urip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Arsitektur masjid sangat unik, yakni menyerupai bentuk kapal. Masjid memiliki haluan, buritan dan jendela bundar mirip jendela kapal. Masjid juga dilengkapi lampu mirip di Masjid Nabawi Madinah.

Masjid dua lantai ini menempati lahan seluas 2.200 meter persegi dan dibangun pada tahun 2018 di atas tanah wakaf, yang diberikan oleh salah satu tokoh agama di Desa Banyu Urip.

Masjid kapal dibangun untuk mengenang perjuangan KH. Abdul Hamid Al Faqih, yang semasa hidupnya berdakwa menyebarkan Agama Islam dengan menaiki perahu menyusuri Sungai Bengawan Solo.

Masjid kapal telah menjadi kebanggaan warga pesisir utara, yang mayoritas nelayan. Masjid kapal seakan menjadi pengingat beribadah bagi para nelayan, yang sedang sibuk mencari ikan di tengah laut.

Di tengah wabah virus corona, takmir masjid memberlakukan protokol kesehatan, yakni seluruh jamaah masjid wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid dan menjaga jarak baik saat melaksanakan ibadah maupun setelahnya.

#MasjidKapal #PenyebaranAgamaIslam #PesisirUtara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.