Kompas TV nasional berita kompas tv

Pabrik Rokok Sampoerna Bisa Jadi Klaster Baru Penularan Corona di Jatim

Kompas.tv - 30 April 2020, 16:18 WIB
pabrik-rokok-sampoerna-bisa-jadi-klaster-baru-penularan-corona-di-jatim
Virus corona yang menyebar di seluruh dunia (Sumber: kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Sebanyak 500 karyawan pabrik rokok Sampoerna di Rungkut, Surabaya diliburkan karena berpotensi tertular virus corona.

PT. HM. Sampoerna melakukan penghentian sementara kegiatan produksi pabrik rokok Sampoerna Rungkut 2 di Surabaya, Jawa Timur setelah ditemukan dua pasien covid-19 yang merupakan karyawan pabrik meninggal setelah menjalani perawatan. 

Kasus di pabrik rokok Sampoerna dapat berpotensi sebagai klaster baru penularan Corona di Jawa Timur. Sebab, pabrik yang berdiri di kawasan Rungkut Industri itu mempekerjakan ribuan orang.

Baca Juga: Karyawan Terinveksi Virus Corona, Produk PT HM Sampoerna Masuk Karantina

Per tanggal 14 April 2020, terdapat 27 klaster penyebaran virus corona di Jawa Timur. Klaster paling besar adalah pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur Joni Wahyuhadi menjelaskan pihaknya telah melakukan rapid tes terhadap 323 karyawan di pabrik rokok. Hasilnya 100 orang dinyatakan rekatif. Sebelumnya ada 63 orang yang mendapat hasil yang sama. 

Sejauh ini, tim telah menemui manajeman pabrik untuk membicarakan langkah penanganan penyebaran virus corona.

"Di kompleks tersebut kini sedang dilakukan tracing, dan kini ada sembilan yang dinyatakan PDP karena terdapat gejala klinis," ujar Joni, dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi. Dikutip dari Tribun Jatim, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga: Karyawan Terinfeksi Virus Corona, Pabrik Rokok Sampoerna Tutup Sementara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.