Kompas TV internasional kompas dunia

Studi Ilmuwan Singapura: Wabah Covid-19 di Indonesia Berakhir pada 31 Juli 2020

Kompas.tv - 30 April 2020, 14:13 WIB
studi-ilmuwan-singapura-wabah-covid-19-di-indonesia-berakhir-pada-31-juli-2020
Virus corona yang menyebar di seluruh dunia (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

SINGAPURA, KOMPAS TV - Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim yang berisi ilmuwan dari Singapura memperkirakan bahwa pandemi wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada 31 Juli 2020.

Adalah seorang professor bernama Jianxi Luo dan timnya yang melakukan penelitian tersebut.

Luo termotivasi meneliti kapan masa pandemi akan berakhir karena kecemasan terkait ketidakpastian pandemi Covid-19 yang begitu luar biasa.

Seperti diketahui, wabah virus corona telah menginfeksi hampir 3 juta orang di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 200 ribu orang lebih dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Studi Terbaru: Ilmuwan Temukan Mutasi Paling Mematikan Virus Corona SARS-CoV-2

Adapun di Indonesia, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sampai Rabu, 29 April 2020 pukul 15.50 WIB, jumlah pasien terinfeksi sebanyak 9.771 orang. Sementara yang meninggal ada 784 orang.

“Prediksi itu murni didorong oleh rasa ingin tahu pribadi mengenai kapan Covid-19 akan berakhir di Singapura, di mana kita tinggal, dan negara-negara lain," kata Luo selaku Direktur Lab Inovasi Berbasis Data seperti dikutip Arabnews.com.

Luo menuturkan, perkiraan tanggal akhir masa pandemi Covid-19 diperlukan banyak orang untuk menjaga mental. Juga agar masyarakat siap dalam perencanaan selama pandemi Covid-19.

Dalam penelitiannya, Luo bersama timnya menciptakan model yang rentan terinfeksi sampai yang sudah pulih melalui model matematika yang kompleks dengan data dari berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi.

Baca Juga: Penelitian Terbaru: Pasien Covid-19 yang Sembuh Berpotensi Menderita Kerusakan Tubuh

Selanjutnya, dari data tersebut dapat diperkirakan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir di masing-masing negara dan dunia. Studi ini menunjukkan siklus hidup virus corona di 131 negara. 

Berdasarkan data pada penyebaran pandemi global, diperkirakan bahwa 97 persen kasus Covid-19 di dunia akan mereda pada 30 Mei 2020. 

Studi Luo memperkirakan bahwa 99 persen kasus Covid-19 akan berakhir pada 17 Juni 2020, dan akan sepenuhnya berakhir pada 1 Desember 2020.

Sementara di Indonesia, 99 persen kasus diperkirakan akan berhenti pada 8 Juni 2020 dan diperkirakan akan benar-benar hilang pada 31 Juli 2020.

Baca Juga: Penelitian Baru, Uji Coba Vaksin BCG Untuk Virus Corona

Dalam laporannya, Jianxi Luo dengan tegas mengingatkan bahwa prediksi pada dasarnya tidak pasti. Karenanya, masyarakat harus tetap berhati-hati.

Terlalu optimistis dengan mengacu pada perkiraan tanggal akhir juga dianggap berbahaya karena dapat mengakibatkan kurangnya disiplin dan kontrol pada masyarakat.

Dengan begitu, dampak terburuknya justru malah bisa menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan. Karena itu, Luo memperingatkan untuk menghindari hal tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.