Kompas TV nasional berita kompas tv

Di Tangerang Buruh Tetap Gelar Aksi May Day meski Ada PSBB

Kompas.tv - 30 April 2020, 13:21 WIB
di-tangerang-buruh-tetap-gelar-aksi-may-day-meski-ada-psbb
Ilustrasi aksi may day yang diperingati tahunan setiap tanggal 1 Mei itu digelar serentak di seluruh dunia untuk menyuarakan kesejahteraan bagi buruh. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

 

JAKARTA, KOMPASTV – Aksi demonstrasi untuk memperingati hari buruh atau May Day akan tetap dilakukan kelompok buruh di Kota Tangerang.

Buruh tetap melakukan aksi meski Kota tangerang telah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Koordinator Wilayah Banten Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Maman Nuriman menyatakan, aksi tersebut tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga: Kota Tangerang Perpanjang PSBB Hingga 15 Mei, Ini Alasannya

"Kita tetap melakukuan aksi," ujar Maman saat dihubungi melalui telepon, Kamis (30/4/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Maman menambahkan, nantinya aksi yang digelar akan berbeda dari biasanya. Maman mengatakan aksi akan bersifat taktis dan tidak bergerombol.

"Aksinya taktis saja di depan pabrik masing-masing," kata Maman.

Aksi di depan pabrik masing-masing tersebut, dilakukan dari pertimbangan kesehatan dan penerapan PSBB di wilayah Kota Tangerang. Massa juga tidak akan banyak lantaran peserta aksi merupkan buruh pabrik masing-masing.

Baca Juga: Jokowi Tunda RUU Cipta Kerja, Tiga Organisasi Buruh Batal Unjuk Rasa

Aksi tersebut dipastikan tidak akan membuat kerumunan massa dan tetap mengikuti protokol penanganan Covid-19, seperti menjaga jarak. Selain itu, peserta aksi juga diwajibkan menggunakan masker dan jas hujan sebagai bentuk perlindungan diri dan rencananya akan berlangsung singkat.

"Nanti akan membuat barisan menjaga jarak semeter sampai dua meter. Kami akan sampaikan aspirasi tuntutan May Day, hanya 10 sampai 20 menit," ujar Maman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.