Kompas TV internasional kompas dunia

Peringatan WHO: Pandemi Corona Masih Jauh dari Selesai

Kompas.tv - 28 April 2020, 15:40 WIB
Penulis : Laura Elvina

SWISS, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengeluarkan peringatan mengenai pandemi corona, pada Senin (27/4/2020) waktu setempat.

Menurut Tedros, pandemi corona masih jauh dari kata selesai.

"Seiring dengan dibukanya lockdown di Eropa karena penurunan jumlah kasus positif corona, kami masih akan terus memperingati sejumlah negara untuk tetap melakukan isolasi, tes massal dan tracing untuk meyakinkan tren penurunan ini. Tapi, pandemi corona belum berakhir. Saya ulangi, pandemi corona masih jauh dari selesai," ujar Tedros.

WHO saat ini masih melihat ada peningkatan kasus corona di Afrika, Eropa Timur, Amerika Latin dan beberapa negara di Asia. Menurut WHO, beberapa negara tersebut memiliki kasus kematian yang tidak terlaporkan karena rendahnya kapasitas pemeriksaan corona.

Tedros kemudian memperingatkan, penanganan corona saat ini menjadi penentu agar gelombang kedua dari wabah corona tidak terjadi.

"Jika saat ini kita berhasil melakukan intervensi terhadap penyebaran wabah, maka gelombang kedua dari virus corona tidak akan terjadi. Semua keputusan ada di tangan kita," lanjut Tedros.

Baca Juga: WHO: Virus Corona Bukan Hasil Rekayasa Manusia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x