Kompas TV kuliner cerita rasa

Si Manis dari Blitar Cocok Untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 29 April 2020, 11:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

BLITAR, KOMPAS.TV - Wilayah Jawa Timur dikenal memiliki segudang kuliner yang menggugah selera. Salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal memiliki kuliner lezat yakni Blitar.

Salah satu kuliner di Blitar yang perlu dicoba selain nasi pecel adalah es pleret. Es pleret merupakan salah satu minuman tradisional khas Blitar yang susah-susah gampang untuk ditemui.

Es Pleret merupakan kuliner legendaris Blitar yang disukai banyak orang. Minuman dingin ini berisi dawet serta bola manis yang terbuat dari tepung beras. Bola manis yang disebut pleret ini berisi gula merah yang meletus ketika dikunyah. 

Memiliki nama yang unik, pelepas dahaga asal Blitar ini berisi dawet dan bola-bola bercita rasa manis dengan warna merah serta putih. Sebutan pleret konon berasal dari kata Bahasa Jawa diplereti, yang menggambarkan proses pembuatan sajian ini. Berawal dari tepung beras yang dibentuk bulatan, kemudian dikukus hingga tanak.

Setelah itu dihaluskan dan diletakkan di potongan bambu berlapis daun pisang. Berikutnya, adonan ditekan dan digulung menggunakan ibu jari hingga membentuk semacam bulatan berongga. Seluruh proses ini dikenal dengan istilah diplereti, istilah yang cukup unik. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x