Kompas TV religi beranda islami

Tradisi Ramadhan : Gresik Pintu Masuk Agama Islam di Jawa

Kompas.tv - 2 Mei 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Gresik sudah dikenal sejak abad ke-11 ketika tumbuh menjadi pusat perdagangan tidak saja antar pulau, tetapi sudah meluas keberbagai negara. Sebagai kota Bandar, gresik banyak dikunjungi pedagang Cina, Arab, Gujarat, Kalkuta, Siam, Bengali, Campa dan lain-lain. 

Gresik juga menjadi pintu masuknya agama islam di pulau jawa. Penyebaran ajaran Islam di Jawa juga tak lepas dari peran Wali Songo. Salah satunya adalah Syekh Maulana Malik Ibrahim atau lebih dikenal dengan Sunan Gresik. Beliau merupakan Wali penyebar agama Islam yang pertama di Pulau Jawa.

Metode dakwah yang dilakukan Sunan Gresik dengan memakai pendekatan budaya. Di mana mengajarkan masyarakat dengan bercocok tanam dan bertani. 

"Sunan Gresik memiliki kharisma tersendiri yang membuatnya begitu dicintai masyarakat. Pertama ya Maulana Malik Ibrahim itu punya metode dakwah, yang pertama adalah berdagang kebutuhan sehari-hari. Beliau bisa berinteraksi dia bisa tahu karakter satu persatu anggota masyarakat. Kemudian beliau juga seorang tabib. Dan juga sosok pribadi Syekh Maulana Malik Ibrahim untuk enak di contoh perilaku, akhlak nya, jadi dia sebagai Uswatun sebagai suri teladan berkata lemah lembut, jujur apa yang disampaikan itu benar dan itulah yang menjadi sebuah daya tarik" Menurut Taufik Haris sejarawan yang juga pengurus yayasan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x