Kompas TV regional berita daerah

10 Anggota Polda Kalbar Positif Covid-19, Diduga Terpapar Saat Pendidikan di Sukabumi

Kompas.tv - 24 April 2020, 10:39 WIB
10-anggota-polda-kalbar-positif-covid-19-diduga-terpapar-saat-pendidikan-di-sukabumi
Virus corona yang menyebar di seluruh dunia (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS TV - Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Donny Charles Go, mengungkapkan saat ini ada sebanyak 10 anggota Polri yang dinyatakan positif Covid-19.

Mereka diduga tertular saat menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Sukabumi, Jawa Barat, beberapa pekan lalu.

"Benar, ada 10 anggota yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Donny di Kalimantan Barat pada Kamis (23/4/2020).

Donny menjelaskan, sebelumnya ada 20 anggota Polda Kalbar yang menjalani pendidikan. Saat pulang, mereka diuji rapid test.

Hasilnya, 10 anggota dinyatakan reaktif dan langsung diambil sampel lendir tenggorokannya untuk dilakukan uji laboratorium swab.

Baca Juga: Tangani Covid-19, Polisi Kalbar Siapkan Flat Karantina Mandiri

"Hari ini hasil swab-nya keluar dan dinyatakan positif," ujar Donny.

Donny menegaskan, sebanyak 20 anggota itu memang sudah langsung diisolasi ketat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar saat pulang dari Sukabumi.

“Namun sejak hari ini mereka dipindahkan ke flat Mako Brimob Polda Kalbar. Sebelumnya mereka diisolasi di SPN Pontianak,” katanya.

Menurut Donny, Polda Kalbar sudah menyiapkan flat Batalyon A Satuan Brimob di Jalan Parit Bugis, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan, sebagai tempat karantina Covid-19.  Flat tersebut berkapasitas 64 orang yang berada di gedung 4 lantai dan 32 kamar.

“Di tempat itu mereka akan dijaga ketat oleh petugas. Baik personel Polri sendiri maupun tim medis dari RS Bhayangkara,” ucap Donny.

Menurut dia, tidak menutup kemungkianan flat itu juga dapat digunakan untuk masyarakat. Polda Kalbar juga akan memfasilitasi pemerintah jika memang membutuhkan tempat dan memastikan pasien tertampung dan dilayani dengan baik.

Baca Juga: Tim Medis Terbatas, Polisi Bantu Pemakaman Jenazah Corona

“Ini juga bentuk kesiapan dan dukungan Polda Kalbar terhadap pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19," kata Donny.

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Kamis (23/4/2020), ada sebanyak 50 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Tujuh di antaranya dinyatakan sembuh. Tiga lainnya meninggal dunia. Sementara ada 40 pasien yang masih diisolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Kemudian masih ada ada 59 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lain sembari menunggu hasil uji laboratorium swab.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x