Kompas TV nasional berita kompas tv

Sorotan: 99 Persen Saham Ruangguru Milik Asing

Kamis, 23 April 2020 | 16:47 WIB

KOMPAS.TV - Pasca kontroversi keikutsertaan perusahaannya, Ruangguru, ikut dalam program Kartu Prakerja, Adamas Belva Devara mundur dari Staf Khusus Presiden.

Tapi, kini polemik baru muncul terkait kepemilikan Ruangguru yang mayoritas modalnya adalah milik asing.

Belva Devara mundur dari jajaran Staf Khusus Milenial Presiden yang direkrut Joko Widodo pada November 2019 lalu.

Baca Juga: Belva Devara Ngaku Rungguru Semua Miliknya, Tapi Namanya Tak Tercatat Sebagai Pemegang Saham

Alasannya adalah tidak mau terlibat polemik akibat disoal publik karena perusahaan yang dipimpinnya mendapat bagian dari program Kartu Prakerja, gagasan Presiden Jokowi.

Ruang Guru, tempat ia menjadi CEO, jadi salah satu mitra Kartu Prakerja. Proyek senilai Rp 19.88 triliun subsidi pemerintah itu idealnya membantu warga yang masih menganggur untuk mendapat kerja.

Lalu bagaimana dengan status perusahaan Ruangguru?

Mengutip Kontan.co.id, Ruangguru adalah perusahaan penanaman modal asing, dengan pemiliknya 99.99 persen adalah Ruang Guru Pte Ltd di Singapura.

Baca Juga: Mundurnya CEO Ruangguru Belum Menjawab Polemik Seleksi Pengisi Pelatihan Kartu Prakerja

Nilai sahamnya Rp 649.440.900.000 dan sisa sahamnya, senilai Rp 10 juta, adalah milik pria kelahiran Padang bernama Muhammad Isman Usman.

Ini jadi sorotan baru. Bolehkah sebuah perusahaan dengan modal asing lebih dari 90 persen berkontribusi dalam proyek negara?

Editor : Christandi Dimas



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:33
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19