Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi: Peserta Kartu Prakerja akan Dapat Rp600 Ribu Selama 4 Bulan

Kompas.tv - 23 April 2020, 00:02 WIB
jokowi-peserta-kartu-prakerja-akan-dapat-rp600-ribu-selama-4-bulan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas (ratas) melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (20/4/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo menjelaskan terkait pelaksanaan program Kartu Prakerja. Desain program ini diubah total menyusul adanya pandemi Covid-19.

Jokowi menjelaskan, program Kartu Prakerja dirancang sejak akhir tahun lalu. Program ini semula disiapkan untuk pelatihan bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan.

Pelatihan yang disiapkan semula berbentuk pelatihan yang dilakukan secara langsung, seperti untuk teknisi coding, programmer, barista dan chef.

Namun, pemerintah mengubah skema program Kartu Prakerja karena munculnya wabah virus corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga: Kabar Baik, Dana Kartu Prakerja Sudah Cair ke 168.111 Peserta, Tapi…

"Ada kondisi yang berbeda, sehingga dalam waktu 1,5 bulan desainnya diubah total. Diubah ke online dalam waktu sangat cepat," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan Najwa Shihab, Rabu (22/4/2020).

Jokowi mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, pelatihan yang digelar secara offline tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Oleh karena itu, pelatihan online yang disediakan sejumlah perusahaan startup menjadi pilihan.

Selain mengubah skema pelatihan, pemerintah juga menambah anggaran Kartu Prakerja, sehingga bantuan tunai yang diterima masyarakat menjadi lebih besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.