Kompas TV nasional berita kompas tv

Sambut Ramadhan 1441 H, Muhammadiyah Luncurkan Program #RamadhandiRumah

Kompas.tv - 22 April 2020, 22:22 WIB
sambut-ramadhan-1441-h-muhammadiyah-luncurkan-program-ramadhandirumah
Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya 62, Jakarta Pusat (Sumber: jembermu)
Penulis : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1441 Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2020 Masehi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan program #RamadhandiRumah.

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah sudah menerbitkan Maklumat tentang penetapan awal Ramadhan 1441 H yang jatuh pada hari Jum’at, 24 April 2020.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Tahun Ini Jumat 24 April 2020

Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah, Agus Syamsudin menyampaikan bahwa Muhammadiyah berkampanye #RamadhandiRumah.

“Ada tuntunannya (#RamadhandiRumah) untuk pribadi, keluarga, takmir masjid dan pimpinan persyarikatan di berbagai tingkatan. Salah satu hal penting yang ingin saya garis bawahi adalah tentang kesalehan sosial,” ujar Agus Syamsudin, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Kompas.tv, Rabu (22/4/2020).

Menurut Agus, tuntunan atau panduan tersebut misalnya dalam lingkup keluarga.

Muhammadiyah mengajak untuk mengoptimalkan keluarga sebagai tempat pendidikan dan kaderisasi.

“Anggota keluarga hendaknya menyemarakkan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan ibadah bersama di rumah seperti sholat wajib dan tarawih berjamaah disertai kultum, tadarrus alqur’an,” tutur Agus.

Bagi pimpinan Muhammadiyah di berbagai tingkatan, lanjut Agus, agar tetap menjalankan kegiatan organisasi sebagai bagian dari dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Tanpa terkecuali menyiapkan panduan atau konten-konten keislaman yang dapat dijadikan rujukan warga Muhammadiyah dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

Baca Juga: Muhammadiyah Setuju dengan MUI soal Larangan Mudik dan Beribadah di Rumah

Termasuk pula memfasilitasi pengajian Ramadhan secara daring (online) dan tetap melakukan penggalangan dana melalui Lazismu (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah) untuk menanggulangi wabah Covid-19 di berbagai bidang.

Untuk menunjang program #RamadhandiRumah tersebut, Muhammadiyah melalui Aisyiyah, Lazismu, dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) membagikan paket sembako menjelang bulan Ramadhan kepada warga yang membutuhkan.

Aisyiyah dan Lazismu melalui struktur yang dipunyai dari tingkat pusat hingga ranting, sementara MPM membagikan paket sembako di panti-panti asuhan dan guru-guru PAUD.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.