Kompas TV nasional berita kompas tv

Ada Kader Partai Jadi Komisaris Perusahaan Plat Merah, Ini Kata Pakar Hukum

Rabu, 22 April 2020 | 17:32 WIB
ada-kader-partai-jadi-komisaris-perusahaan-plat-merah-ini-kata-pakar-hukum
Irma Suryani Chaniago, Politikus Partai Nasdem yang ditunjuk Menteri BUMN menjadi Komisaris Independen Pelindo I (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPASTV - Penunjukan Ketua DPP Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago sebagai Komisaris PT Pelindo I (Persero) akan berimbas pada lemahnya tugas pengawasan kader Partai Nasdem di DPR. 

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Feri Amsari menjelaskan, sejatinya partai politik melalui parlemen mengawasi kinerja BUMN, bukan mengambil bagian di dalamnya.

Menurutnya penunjukan Irama akan merusak sistem ketatanegaraan. Hal ini lantaran kader partai yang seharusnya bertindak sebagai pengawas, justru berperan dalam objek yang diawasi.

Baca Juga: Irma Suryani Nonaktif dari Partai Nasdem Setelah Ditunjuk Jadi Komisaris Independen Pelindo I

"Bagaimana mungkin Nasdem dapat mengawasi BUMN dengan baik jika kader-kadernya menikmati gaji dari BUMN," ujar Feri dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Feri menambahkan pengangkatan Irma akan menyusahkan Menteri BUMN Erick Thohir. Tidak menutup kemungkinan masyarakat mengajukan gugatan kepada pemerintah terkait pengangkatan Irma di Pengadilan Tata Usaha Negara.

Hal ini karena penunjukan Irma tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri BUMN NOMOR 02/MBU/02/2015 yang menyatakan salah satu syarat menjadi anggota dewan komisaris adalah bukan pengurus partai politik.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:16
KEPONAKAN MAHFUD MD SEBUT MASSA MENGANCAM BAKAR RUMAH MENKO POLHUKAM DI PAMEKASAN JIKA RIZIEQ SHIHAB DIPENJARA   RUMAH MENKO POLHUKAM MAHFUD MD DI PAMEKASAN SEMPAT DIDATANGI SEJUMLAH ORANG YANG MENYERUKAN ANCAMAN   KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT KLIENNYA TIDAK BISA JALANI PEMERIKSAAN KARENA BARU KELUAR DARI RUMAH SAKIT   BRIGJEN PRASETIJO UTOMO CABUT BAP SOAL IRJEN NAPOLEON BONAPARTE TERIMA 50.000 DOLLAR AS DARI TOMMY SUMARDI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA PEMPROV DKI DAN JATENG EVALUASI IMPLEMENTASI PROTOKOL KESEHATAN   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 KECEWA ZONA MERAH COVID-19 NAIK DUA KALI LIPAT DARI MINGGU SEBELUMNYA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA SEKOLAH YANG MENJADI KLASTER COVID-19 DITUTUP   GUBERNUR RIDWAN KAMIL MENYATAKAN OKUPANSI RUANG ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAWA BARAT MENDEKATI 70 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI MINTA PARA MENTERI FOKUS REALISASIKAN ANGGARAN 2020 DAN BELANJA ANGGARAN 2021 DI AWAL TAHUN   PRESIDEN JOKOWI: KITA SANGAT OPTIMISTIS DALAM PENGENDALIAN COVID-19   KEPALA STAF PRESIDEN MOELDOKO MENGATAKAN PRESIDEN JOKOWI PUNYA KUNCI SENDIRI UNTUK TENTUKAN CALON KAPOLRI   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: 31 DESEMBER LIBUR PENGGANTI IDUL FITRI   PEMERINTAH MENETAPKAN 24-27 DESEMBER 2020 SEBAGAI LIBUR NATAL 2020   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA MASYARAKAT ARIF DAN BIJAKSANA MEMANFAATKAN LIBUR DI TENGAH PANDEMI COVID-19