Kompas TV bisnis kompas bisnis

Love Hate-Relationship Amerika Serikat dan Tiongkok

Kompas.tv - 22 April 2020, 14:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

KOMPASTV - Hubungan kedua pemimpin negara besar Amerika  dan Tiongkok, Donald Trump dan Xi Jinping kembali memburuk gara-gara virus corona. Tampaknya, corona tak hanya memporak-porandakan sektor ekonomi dan kesehatan, juga sektor hubungan kedua pemimpin negara ini.

Lantas, apa dampaknya? Jelas. Saling lempar argument akan memperburuk hubungan kedua negara dan berdampak pada dunia usaha dan perekonomian.

Beberapa waktu lalu, Donal Trump pernah mengatakan bahwa virus corona datangnya dari Tiongkok. Trump mengatakan bahwa virus corona adalah senjata biologis Tiongkok dari laboratorium di Wuhan. Trump katakana akan mengirim penyelidik untuk menyelidiki. Trump juga menuduh Tiongkok menyembunyikan data, semua dilakukan untuk uang semata.

Tentu saja, Presiden Tiongkok, Xi Jinping tak terima. Xi Jinping berinisiatif untuk mengatakan segala tuduhan Trump terhadap Tiongkok kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Xi Jinping dan Vladimir Putin memang cukup akrab. Xi Jinping mengatakan kepada Vladimir Putin bahwa ada upaya mempolitisasi pandemi yang akan merusak kerja sama international. Vladimir Putin memuji tindakan Presiden Tiongkok dalam pengendalian pandemi di Tiongkok sendiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x