Kompas TV klik360 cerita indonesia

Bisnis Kerajinan Kulit Sapi, Peluang Usaha Bagi Anak Muda

Rabu, 22 April 2020 | 11:47 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Berawal dari rasa suka terhadap benda berbahan kulit, seorang pemuda di Bandar Lampung berinisiatif membuka peluang bisnis dari kerajinan kulit. Meski terbilang baru, hasil karya dengan memberdayakan anak muda ini laku terjual luar negeri.

Ayub Adhi Sasmita berbekal keyakinan saat dirinya memulai usaha kerajinan kulit yang saat ini ia jalani.

Butuh waktu waktu bertahun-tahun bagi Ayub untuk mengembangkan usahanya. Dengan tekun ia berinovasi hingga menghasilkan karya yang diberi nama Ilama Handcraft. Yakni kerajinan berbahan kulit sapi yang ia kreasikan dalam berbagai bentuk benda siap pakai, seperti dompet, ikat pinggang, sarung kunci kendaraan dan lainnya.

Industri kreatif semacam ini bisa menjadi satu ide usaha di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti. Selain menjual produk jadi, Ayub juga menerima jasa perbaikan benda berbahan kulit yang telah rusak.

Untuk setiap kerajinan dihargai mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 350.000 tergantung kerumitan dan lama pembuatannya.

Baca Juga: Unik! Kreatifitas Perusahaan Mengubah Logo Ditengah Wabah Corona

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:39
KEPALA SMPN 1 SEMAU SELATAN, KUPANG, DILAPORKAN KE POLISI ATAS DUGAAN PENGGELAPAN DANA BEASISWA INDONESIA PINTAR   PEMPROV JATIM GANDENG UNAIR DETEKSI DAN PEMETAAN MUTASI VARIAN BARU COVID-19 DI JAWA TIMUR    POLDA SUMSEL KERAHKAN 600 PERSONEL AWASI KENDARAAN YANG MELINTAS DI 33 POSKO PENYEKATAN   MULAI BESOK, JASA MARGA LAKUKAN PENYEKATAN DI KM 31 TAMBUN TOL JAPEK   POLDA METRO JAYA MINTA PEMPROV DKI TUTUP TEMPAT WISATA DI JAKARTA SAAT LIBUR LEBARAN   MUI INGATKAN PENGURUS MASJID DAN JEMAAH WAJIB MENGGUNAKAN MASKER SAAT BERIBADAH    EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY AUSTRALIA DICKY BUDIMAN SEBUT MUDIK JARAK DEKAT JUGA BERISIKO SEBARKAN COVID-19   KEMENHUB: BUS DENGAN STIKER KHUSUS BUKAN MELAYANI PEMUDIK   KEMENHUB BERI PENGECUALIAN BAGI BUS YANG TETAP BEROPERASI PADA MASA LARANGAN MUDIK DENGAN BERI STIKER KHUSUS   PT KAI: KERETA JARAK JAUH HANYA UNTUK PERJALANAN MENDESAK ATAU UNTUK KEPENTINGAN NONMUDIK   SATGAS COVID-19: MOBILITAS PENDUDUK KE PUSAT PERBELANJAAN NAIK DI 6 PROVINSI DALAM 3 PEKAN TERAKHIR    ANTISIPASI COVID-19, SURAT EDARAN PEMKOT SURABAYA: MAL HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI KAPASITAS   SURAT EDARAN MENDAGRI: ASN DAN PEJABAT DILARANG GELAR "OPEN HOUSE" ATAU HALAL BIHALAL SAAAT IDUL FITRI    KEMENPAN DAN RB SERTA BKN TIDAK TERLIBAT DALAM PROSES TES WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP 1.349 PEGAWAI KPK