Kompas TV klik360 cerita indonesia

Bisnis Kerajinan Kulit Sapi, Peluang Usaha Bagi Anak Muda

Rabu, 22 April 2020 | 11:47 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Berawal dari rasa suka terhadap benda berbahan kulit, seorang pemuda di Bandar Lampung berinisiatif membuka peluang bisnis dari kerajinan kulit. Meski terbilang baru, hasil karya dengan memberdayakan anak muda ini laku terjual luar negeri.

Ayub Adhi Sasmita berbekal keyakinan saat dirinya memulai usaha kerajinan kulit yang saat ini ia jalani.

Butuh waktu waktu bertahun-tahun bagi Ayub untuk mengembangkan usahanya. Dengan tekun ia berinovasi hingga menghasilkan karya yang diberi nama Ilama Handcraft. Yakni kerajinan berbahan kulit sapi yang ia kreasikan dalam berbagai bentuk benda siap pakai, seperti dompet, ikat pinggang, sarung kunci kendaraan dan lainnya.

Industri kreatif semacam ini bisa menjadi satu ide usaha di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti. Selain menjual produk jadi, Ayub juga menerima jasa perbaikan benda berbahan kulit yang telah rusak.

Untuk setiap kerajinan dihargai mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 350.000 tergantung kerumitan dan lama pembuatannya.

Baca Juga: Unik! Kreatifitas Perusahaan Mengubah Logo Ditengah Wabah Corona

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Aksi Massa Tuntut Erick Thohir Mundur

Kamis, 24 September 2020 | 03:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:06
KEMENLU TIONGKOK: KERJA PAKSA ADALAH KEBOHONGAN YANG DIBUAT-BUAT OLEH ORGANISASI DAN INDIVIDU BARAT   KEMENLU TIONGKOK: URUSAN XINJIANG MURNI URUSAN DALAM NEGERI, AMERIKA SERIKAT TAK BERHAK IKUT CAMPUR   KEMENLU TIONGKOK SAMPAIKAN KEMARAHAN ATAS TINDAKAN AMERIKA SERIKAT YANG MELARANG IMPOR DARI XINJIANG   MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   PEMKOT JAKARTA PUSAT SEBUT ADA 34 TEMPAT PENAMPUNGAN YANG DISIAPKAN ANTISIPASI BANJIR   PEMKOT JAKPUS TAMBAHKAN DUA KALI LIPAT TEMPAT PENAMPUNGAN PENGUNGSI BANJIR SAAT PANDEMI COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI II DPR SAAN MUSTOPA MINTA PASLON YANG MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DIDISKUALIFIKASI   ALOKASIKAN ANGGARAN TINGGI UNTUK REHABILITASI HUTAN & LAHAN SERTA KONSERVASI, MENTERI LHK: JANTUNGNYA SDA DI SITU   KEMENTERIAN LHK ALOKASIKAN ANGGARAN TERTINGGI UNTUK REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN SERTA KONSERVASI PADA 2021   KEJAGUNG PERIKSA DUA PEJABAT DIRJEN IMIGRASI KEMENKUMHAM SEBAGAI SAKSI UNTUK TERSANGKA DJOKO TJANDRA   JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN   JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   POLDA METRO JAYA UNGKAP PRAKTIK ABORSI ILEGAL DI JALAN PERCETAKAN NEGARA III, JAKARTA PUSAT DILAKUKAN DOKTER PALSU   MENDIKBUD TEGASKAN PENGHAPUSAN PELAJARAN SEJARAH ADALAH PENYEBARAN BERITA YANG TIDAK BENAR