Kompas TV klik360 cerita indonesia

Rosianna Silalahi dan Semangat Kartini untuk Perempuan Indonesia

Selasa, 21 April 2020 | 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rosianna Silalahi menjadi satu contoh bahwa perempuan Indonesia berdaya untuk menggapai mimpi. Berkarir sebagai pucuk pimpinan media nasional, Kompas TV, Rosi memberi pesan bagi perempuan Indonesia di Hari Kartini ini.

Berikut wawancara Kompas.tv bersama Rosianna Silalahi, mengenai semangat Kartini untuk perempuan masa kini.

Apa makna emansipasi wanita bagi seorang Rosianna Silalahi?

Menurut saya, sebuah gerakan dan aksi nyata, untuk kesetaraan. Jadi perempuan itu bukan minta semuanya diberikan kepada perempuan. Tapi perempuan minta ada akses yang adil, ada kesempatan yang sama untuk para perempuan.

Bagaimana pentingnya suara perempuan di dalam masyarakat?

Dengan terlibatnya perempuan dalam satu proses pengambilan kebijakan, maka kita akan memiliki banyak perspektif. Dan perspektif itu tidak melulu tentang kebutuhan para pria, tapi dengan melibatkan suara perempuan, maka kita juga melibatkan suara yang dibutuhkan dari kelompok anak-anak. 

Haruskah perempuan memilih antara karir atau keluarga?

Perempuan dilahirkan dengan multitalenta. Jadi, apakah dia mau jadi ibu rumah tangga dan wanita karir, atau mau jadi ibu rumah tangga saja, itu haruslah berdasarkan pilihan perempuan yang otonom, yang mandiri, yang membuat dia lengkap menjadi seorang manusia. Bukan karena pandangan masyarakat atau bukan karena tuntutan orang lain terhadap perempuan. 

Apa pesan untuk perempuan Indonesia? 

Saya sangat meyakini perempuan itu memiliki energi yang luar biasa, ia akan selalu berjuang, untuk keluarganya, untuk lingkungan sekitarnya, dan baru untuk dirinya sendiri. Perempuan itu, tidak perlu bermegah diri, ketika dia memberikan kontribusi. Perempuan itu, punya kekuatan, untuk mencintai tanpa pamrih.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:19
PEMPROV RIAU CABUT STATUS SIAGA DARURAT KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN YANG BERLANGSUNG SELAMA 9 BULAN    MENTERI LHK SITI NURBAYA APRESIASI SATGAS KARHUTLA YANG BERHASIL MENEKAN ANGKA KEBAKARAN SAAT PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA IMBAU LANSIA DAN PEMILIK PENYAKIT KOMORBID DI RUMAH SAJA SAAT LIBUR PANJANG   MAJELIS HAKIM TOLAK EKSEPSI TERDAKWA DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SURAT JALAN PALSU   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI IMBAU WARGANYA TIDAK BEPERGIAN KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   HARI INI, PT KAI MEMBERANGKATKAN 9.374 PENUMPANG DARI STASIUN GAMBIR, STASIUN PASAR SENEN, DAN STASIUN JAKARTA KOTA   KPK MINTA PIHAK ISTANA LAPORKAN PENERIMAAN GRATIFIKASI SEPEDA LIPAT JIKA ITU DITUJUKAN KE PRESIDEN JOKOWI   ANTISIPASI LA NINA DI INDONESIA, WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO IMBAU WARGANYA TIDAK BERTEDUH DI BAWAH POHON TUA   LUNCURKAN E-VISA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY: INDONESIA SIAP JADI TUJUAN INVESTASI   KEMENKUMHAM LUNCURKAN APLIKASI VISA "ONLINE" ATAU E-VISA BAGI WARGA NEGARA ASING YANG HENDAK MASUK KE INDONESIA   JELANG LIBUR PANJANG, JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 IMBAU MASYARAKAT BERAKTIVITAS DI RUMAH    HINGGA 27 OKTOBER 2020, PEMERINTAH PERIKSA 4.388.995 SPESIMEN COVID-19   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 4.576 PASIEN KORONA SEMBUH DAN 101 ORANG MENINGGAL PADA 27 OKTOBER 2020   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 3.520 KASUS BARU COVID-19 HARI INI