Kompas TV klik360 cerita indonesia

Rosianna Silalahi dan Semangat Kartini untuk Perempuan Indonesia

Selasa, 21 April 2020 | 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rosianna Silalahi menjadi satu contoh bahwa perempuan Indonesia berdaya untuk menggapai mimpi. Berkarir sebagai pucuk pimpinan media nasional, Kompas TV, Rosi memberi pesan bagi perempuan Indonesia di Hari Kartini ini.

Berikut wawancara Kompas.tv bersama Rosianna Silalahi, mengenai semangat Kartini untuk perempuan masa kini.

Apa makna emansipasi wanita bagi seorang Rosianna Silalahi?

Menurut saya, sebuah gerakan dan aksi nyata, untuk kesetaraan. Jadi perempuan itu bukan minta semuanya diberikan kepada perempuan. Tapi perempuan minta ada akses yang adil, ada kesempatan yang sama untuk para perempuan.

Bagaimana pentingnya suara perempuan di dalam masyarakat?

Dengan terlibatnya perempuan dalam satu proses pengambilan kebijakan, maka kita akan memiliki banyak perspektif. Dan perspektif itu tidak melulu tentang kebutuhan para pria, tapi dengan melibatkan suara perempuan, maka kita juga melibatkan suara yang dibutuhkan dari kelompok anak-anak. 

Haruskah perempuan memilih antara karir atau keluarga?

Perempuan dilahirkan dengan multitalenta. Jadi, apakah dia mau jadi ibu rumah tangga dan wanita karir, atau mau jadi ibu rumah tangga saja, itu haruslah berdasarkan pilihan perempuan yang otonom, yang mandiri, yang membuat dia lengkap menjadi seorang manusia. Bukan karena pandangan masyarakat atau bukan karena tuntutan orang lain terhadap perempuan. 

Apa pesan untuk perempuan Indonesia? 

Saya sangat meyakini perempuan itu memiliki energi yang luar biasa, ia akan selalu berjuang, untuk keluarganya, untuk lingkungan sekitarnya, dan baru untuk dirinya sendiri. Perempuan itu, tidak perlu bermegah diri, ketika dia memberikan kontribusi. Perempuan itu, punya kekuatan, untuk mencintai tanpa pamrih.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:15
DISKON 50% BELANJA BUKU, KAOS, DAN KOMPAS DIGITAL DI GERAI KOMPAS. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/HEMATSATU   RUSIA KIRIM 5 PESAWAT BERISI BANTUAN KEMANUSIAAN KE LEBANON PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   JELANG HUT KE-75 RI, PEMPROV BENGKULU AKAN MEMBERIKAN SANKSI BAGI WARGANYA YANG TAK PASANG BENDERA MERAH PUTIH   PEMKOT AMBON, MALUKU, WAJIBKAN ASN TES "SWAB" SETIAP BULAN GUNA CEGAH KLASTER PERKANTORAN   BUPATI POLEWALI MANDAR, SULBAR, ANDI IBRAHIM MASDAR, BERKANTOR DI TEMPAT TERBUKA KARENA KHAWATIR TERTULAR KORONA   PEKAN DEPAN, SD DAN SMP DI KOTA MALANG AKAN DIBUKA UNTUK SIMULASI MESKI MASIH BERSTATUS ZONA MERAH   SEKRETARIS BAPPEDA KALSEL, HADI PURWANTO, MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI KORONA   KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT SEBUT BP3TKI MAKASSAR TAK SIAP TAMPUNG RIBUAN TKI YANG DIDEPORTASI DARI MALAYSIA   POLRES DEPOK AKAN BERLAKUKAN SISTEM ELEKTRONIK PADA SEPTEMBER 2020   AKAN MAJU PILKADA, MUHAMAD RESMI MUNDUR DARI JABATAN SEKDA TANGSEL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT KEMACETAN DI PERKOTAAN SANGAT BERDAMPAK PADA PEREKONOMIAN INDONESIA   PENUTUPAN OPERASI PATUH JAYA, 1.169 PENGENDARA DI KOTA TANGERANG KENA TILANG   POLISI SEBUT PENGENDARA SEPEDA MOTOR JADI PELANGGAR TERBANYAK DALAM OPERASI PATUH JAYA DI JAKARTA TIMUR   SEBANYAK 93 PENGENDARA KENA TEGUR DALAM SOSIALISASI GANJIL-GENAP DI JALAN GUNUNG SAHARI, JAKARTA UTARA