Kompas TV religi beranda islami

Tradisi Ramadan - Sotong Pangkong : Jajanan Yang Hanya Ada Saat Puasa

Kompas.tv - 21 April 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

PONTIANAK, KOMPASTV - Ramadan terikat erat akan jajanan buka puasanya yang beraneka ragam.  Terkadang ada beberapa makanan yang hanya ada hanya saat puasa saja. Salah satunya adalah Sotong Pangkong. Kuliner ini hanya ada pada saat bulan suci Ramadan saja dan hanya ada di Pontianak.

Apabila kalian Anda sedang berkunjung ke Pontianak dalam waktu bulan suci Ramadan ini, maka sotong pangkong ini wajib dan tidak boleh kalian lewatkan. Serius, makanan ini sangat direkomendasikan dan jangan ragu untuk mampir mencoba.

Sotong Pangkong ini yang terdiri dari dua kata yaitu sotong (cumi) dan pangkong (artinya 'pukul' dalam bahasa Melayu Pontianak). Jadi Sotong Pangkong adalah sebuah jajanan yang berasal dari cumi yang dibakar terlebih dahulu dan setelah itu di pukul-pukul sampe gepeng. Kuliner ini banyak ditemui di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, mulai sore hingga malam hari.

Sotong Pangkong ini disajikan dengan sambal. Ada dua macam sambal yaitu sambal kacang dan sambal ebi. Harga yang sangat terjangkau membuat kuliner ini digemari di setiap kalangan di Pontianak. Bisa dinikmati sendiri atau bersama-sama dengan sanak keluarga atau teman-teman.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x