HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kolom opini

Cerita Romo Ageng

Minggu, 19 April 2020 | 14:55 WIB
cerita-romo-ageng
Dalam Kitab Suci Perjanjian Lama, Nabi digambarkan sebagai lelaki berjenggot dan berkumis (Ilustrasi: Istimewa) (Sumber: Trias Kuncahyono)

Oleh Trias Kuncahyono

 

Suatu hari Romo Ageng bercerita. 

“Kiranya setiap zaman membutuhkan seorang nabi.” Begitu, ia mengawali ceritanya.  Tentu, bukan nabi dalam pengertian di agama, seperti masa lalu.

Seorang reformator. Yang bisa melihat keadaan sosial masyarakat, keadaan dunia senyatanya. Nut zaman kelakone, mengikuti kehendak zaman. Tidak hanya mampu melihat, tetapi bahkan mampu menyusup, menyelam masuk lebih dalam ke tengah masyarakat dunia untuk menemukan inti persoalan yang dihadapi warga dunia, warga masyarakat. 

Ia tidak menyerah menghadapi tantangan zaman dan tampil sebagai pemenang. Mewujudkan visi dan mendirikannya dalam bangunan yang kokoh. Tindakannya menginspirasi dunia dan menentukan arah sejarah. 

Mungkin, tindakan semacam itu, tidak populer. Dan, jangan-jangan malah akan menjadi korban kenabiannya. Nasihat-nasihatnya mungkin tidak dianggap, ibarat kata berteriak-teriak di padang gurun. Tapi, itulah nabi.

Editor : Deni Muliya

1
2
3



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
04:53
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 5.439.559 POSITIF, 2.185.696 SEMBUH, 345.589 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 1.646.495 POSITIF, 366.736 SEMBUH, 97.811 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU TAK LAGI MENGONSUMSI OBAT MALARIA, HIDROKSIKLOROKUIN, UNTUK MELAWAN KORONA   KEMENKES MALAYSIA: 38 WNI DI DEPO TAHANAN IMIGRASI DI SEPANG POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 297 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, TERIMA REMISI LEBARAN   PEMKOT SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BANJIR HINGGA 4 JUNI 2020   SEBANYAK 16 PETAK TOKO DI PASAR RAYA PADANG, SUMATERA BARAT, HANGUS TERBAKAR   JUMLAH KASUS KORONA DI BENGKULU: 69 POSITIF, 9 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   PEMKAB LEBONG, BENGKULU, TUTUP PINTU PERBATASAN HINGGA 27 MEI 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MASA PEMBERLAKUKAN PSBB DI SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: KUALITAS UDARA JAKARTA SAAT LEBARAN 2020 JADI YANG TERBAIK SEJAK 5 TAHUN TERAKHIR   ACHMAD YURIANTO: KITA HARUS KEMBALI PRODUKTIF NAMUN TETAP AMAN DARI PENULARAN KORONA   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA, ACHMAD YURIANTO: BANYAK ANAK-ANAK YANG TERTULAR COVID-19 DARI ORANG DEWASA