Kompas TV entertainment lifestyle

Resep Papeda, Menu Legendaris dari Maluku Tempat Glenn Fredly Berasal

Minggu, 19 April 2020 | 12:24 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Publik tentu masih merasa kehilangan atas kepergian musisi Glenn Fredly pada 8 April lalu.

Nah, bicara Glenn Fredly yang berasal dari tanah Ambon, Anda juga harus tahu bahwa ada masakan legendaris yang terkenal dari sana. 

Yap, namanya adalah Papeda. Menu Papeda yang legendaris diketahui berasal dari Maluku, Papua, dan Sulawesi.

Menu ini juga pernah dibuat Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu. Mengutip Instagramnya, berikut menu lezat resep Papeda yang biasa dijodohkan dengan Ikan Kuah Kuning.

Baca Juga: Resep Mudah Bikin French Toast Isi Pisang dan Marshmallow

BAHAN:

3 ekor ikan kakap
Sagu
4 butir kemiri
7 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1 sdm merica bubuk
3 helai serai
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
4 buah cabe keriting/cabe besar
Kemangi
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
4 buah tomat
10 buah belimbing wuluh
Garam
Penyedap rasa

Baca Juga: Resep Es Loli Buah Stroberi, Sirsak, dan Kiwi

CARA MEMBUAT:

1/ Potong ikan kakap menjadi 3 bagian. Cuci bersih. iris (tomat, belimbing wuluh)

2/ Rebus air hingga mendidih. Cuci bersih sagu, siapkan wadah (baskom). Sagu yang sudah di cuci bersih di tuang kedalam baskom. Tuang perlahan air mendidih pada sagu, aduk hingga rata sampai sagu menjadi bening (tandanya sagu mateng merata sempurna)

3/ Bumbu yang harus dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jahe, kunyit, cabe keriting) untuk serai dan lengkuas cukup di geprek saja

4/ Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam dan ikan kakap yang sudah di cuci bersih. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Beri secukupnya air, tunggu -+ 20 menit (sampai mendidih).

5/ Setelah mendidih, masukkan kemangi, belimbing wuluh, tomat yg sdh di potong. Kakap kuah kuning siap saji.

Baca Juga: Makan Smacker di Flip Burger, Lanjut Ngemil ke Filosofi Kopi.

TIPS:

Cara menghidangkannya, tuang sagu atau papeda ke dalam wadah (mangkok atau piring) siram dengan kuah kakap beserta ikan kakapnya. Papeda kakap kuah kuning siap di santap hangat - hangat.

Selamat mencoba!

Editor : Ade Indra Kusuma



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:13
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK