Kompas TV nasional berita kompas tv

Aplikasi PeduliLindugi, Dijamin Menkominfo Aman Dari Hacker

Kompas.tv - 18 April 2020, 21:37 WIB
aplikasi-pedulilindugi-dijamin-menkominfo-aman-dari-hacker
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Sumber: HUMAS BNPB/M Arfari Dwiatmodjo)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Menkominfo Johnny G Plate meminta kepada masyarakat, terutama ASN, TNI, Polri serta pegawai BUMN secepatnya mengunduh aplikasi PeduliLindugi di smartphone masing-masing. 

Johnny menjamin data pribadi pengunggah dilindungi melalui Surat Keputusan Menteri Nomor 171 Tahun 2020.

Semua pihak yang mengelola aplikasi tersebut diwajibkan untuk melakukan pembersihan data saat kondisi darurat kesehatan pandemi covid-19 telah berakhir.

"Aplikasi ini aman dan dikembangkan oleh anak bangsa sendiri. Sudah bisa didownload di Play Store and App Store," ujar Menkominfo Johnny G Plate, dikutip dari laman resmi BNPB  Sabtu (18/4).

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan aplikasi PeduliLindungi bekerja dengan cara tracking, tracing, dan fencing untuk mendeteksi pergerakan seseorang positif covid-19 secara historis.

Berdasarkan hasil tracking dan tracing bluetooth, aplikasi akan mendeteksi keberadaan seseorang positif covid-19 di sekitar pengguna dan memberikan peringatan  untuk menjalankan protokol kesehatan.

Menurut data Kominfo, aplikasi tersebut sudah dipasang oleh 1.915.874 pengguna di ponsel, demi memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia.

semakin banyak orang yang memasang aplikasi PeduliLindungi, semakin tinggi pula tingkat akurasi deteksi penyebaran virus corona sehingga akan membantu menanggulangi sebaran covid-19 di Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.