Kompas TV nasional berita kompas tv

Kominfo Sebut Ada 554 Isu Hoaks Corona Tersebar di 1.209 Platform

Kompas.tv - 18 April 2020, 16:28 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat diminta untuk berhati-hati terhadap berita palsu atau hoaks yang masih banyak beredar saat wabah Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut ada sebanyak 554 isu hoaks soal corona (Covid-19) di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, tersebar di 1.209 platform, baik Facebook, Instagram, Twitter maupun Youtube, yang beberapa diantaranya sudah di takedown.

"Dan yang telah ditindaklanjuti atau di takedown sebanyak 893 terdiri dari 681 di Facebook, 4 di Instagram 204 di Twitter, dan 4 Youtube," ucap Johny G. Plate dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Sabtu (18/04).

Selain itu, pihak kominfo masih harus menindaklanjuti sebanyak 316 hoaks yang masih beredar dengan rincian 162 di Facebook, 6 di Instagram, 146 kasus di Twitter dan 2 kasus lain di Youtube.

Menkominfo juga menegaskan kepada pihak-pihak yang menggunakan paltform digital sebagai sebaran hoaks, untuk segera melakukan takedown.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.